Permainan Pembelajaran Bahasa dan Aksara Lampung Kaganga Mobile Berbasis Android

Authors

  • Siti Nur Laila Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Muhammad Fauzan Azima Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.13348004

Keywords:

permainan lampung, agile game development method, kaganga mobile

Abstract

Di Era digital saat ini hampir seluruh aktifitas menjadi serba online menggunakan perangkat digital misalnya seperti membeli produk/barang, aktifitas bekerja, sekolah, hingga game atau permainan. Banyak sekali permainan berbasis mobile digital yang sangat menarik perhatian anak-anak namun tidak semua permainan mobile yang disertai dengan nilai edukasi didalamnya yang mana juga tidak kalah penting dari sekedar permainan yang hanya mengutamakan kesenangan dan kepuasan bagi penggunanya. Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang terus pesat berkembang anak-anak cenderung memilih permainan secara mobile digital. Kemajuan IPTEK dalam pendidikan tidak dapat dihindari karena teknologi selalu berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi saat ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya dalam sarana edukasi. Dalam pembelajaran Bahasa dan Aksara Lampung hal yang menjadi masalah yaitu kurangnya penutur asli serta minimnya media pembelajaran bahasa dan aksara lampung. Tujuan penelitian ini yaitu membangun media permainan edukasi dengan muatan daerah berupa bahasa dan aksara lampung yang dapat mempermudah siswa-siswi, guru-guru, maupun masyarakat yang ingin belajar tentang aksara dan bahasa lampung. Aplikasi juga dikembangkan bersama Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan (BPTP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung. Penelitian ini menghasilkan permainan pembelajaran Bahasa dan Aksara Lampung dengan nama Kaganga Mobile dengan metode Agile Game Development.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Nur Laila, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Berusaha lakukan yang terbaik, hari ini lebih baik dari hari kemarin.

Muhammad Fauzan Azima, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Bersyukur, Berdoa, Berusaha, Lakukan yang terbaik

Downloads

Published

2020-11-07