Penerapan Teknologi Android Terhadap Aplikasi Panduan Penggunaan Software Adobe Audition

Authors

  • Septilia Arfida Jurusan Teknik Informatika
  • Hariyanto Wibowo
  • Ade Frima Setya

Abstract

Adobe Audition adalah salah satu tool yang digunakan dalam multimedia. Proses pembelajaran pada mata kuliah ini di Darmajaya menggunakan materi-materi yang dirangkum dan dituangkan dalam bentuk slide-slide dan terdapat pula materi praktikum. Penjelasan materi menggunakan media presentasi seperti slide terlihat masih terlalu global dan monoton sehingga kurang menarik. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh penting bagi mahasiswa dalam memahami ilmu yang disampaikan oleh dosen dalam kegiatan belajar mengajar. Membangun alternatif media pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja maka dibangun media pembelajaran berbasis  android yang dapat dijalankan pada smartphone. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah prototype. Adapun langkah-langkahnya  adalah  pengumpulan  data,  lalu  perancangan,  dan  yang terakhir adalah pengujian. Simbol-simbol yang digunakan adalah use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Penelitian ini menghasilkan aplikasi panduan penggunaan Adobe Audition dengan memanfaatkan teknologi berbasis Android yang interaktif dan dapat diakses melalui smartphone. Dengan  aplikasi  ini mahasiswa dapat belajar secara efektif dan mudah melalui smartphone yang dapat diakses dimana saja dan kapanpun

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Septilia Arfida, Jurusan Teknik Informatika

Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Informatika, Lektor III c

References

Abdul Kadir, T.C Triwahyuni.. 2013. Pengenalan Teknologi Informasi. Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[2] Kasman, Akhmad Dharma. 2013. Kolaborsi Dahsyat Android PHP & Mysql. Lokomedia, Yogyakarta.

[3] Wahana Komputer. 2014. Adobe Audition Cara Mudah buat Produksi Rekaman. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[4] Vaughan, T. 2006. Multimedia Making it work. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[5] Munir, 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Penerbit Alfabeta, Bandung.

[6] Suyanto, M .2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[7] Pressman, R.S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi II. Penerbit Andi, Yogyakarta.

[8] Adi Nugroho. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-07