Sistem Informasi Penyewaan Guest House Berbasis Android

Authors

Keywords:

Guest House, GIS, MySQL

Abstract

Guest house merupakan sejenis fasilitas baik milik perorangan atau perusahaan yang diperuntukkan khusus bagi tamu hendak menginap. Guest house dapat berupa rumah pribadi yang dikonversi untuk kepentingan tamu dan lebih dikenal sebagai penginapan ala backpacker. Tidak adanya detail informasi guest house dapat menyulitkan dan memperlambat para backpaper dalam melakukan perjalanan baik wisata maupun perjalanan lainnya di daerah yang dikunjungi. Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat mempermudah backpaper dalam mendapatkan informasi guest house secara detail.Sistem yang dibangun berbasiskan Android yang dapat diakses melalui smartphone dengan sistem operasi Android. Sistem ini dibuat hanya dapat dijalankan pada versi Android 5.0 hingga versi terbaru saat ini. Editor yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Android Studio dengan menggunakan MySQL sebagai basis datanya. Di dalam sistem juga terdapat SIG dengan pemanfaatan Google Map.Adanya sistem ini dapat menampilkan informasi guest house secara detail seperti harga, lokasi, masa menginap, fasilitas dan informasi lainnya sehingga memberikan kemudahan bagi para backpaper atau masyarakat lainnya yang hendak mencari tempat tinggal sementara selain hotel. Sistem ini juga dilengkapi dengan chat yang memudahkan pemilik dan penyewa dalam berkomunikasi. Adanya pembayaran secara online (pembayaran via transfer). Adanya pembayaran via transfer juga dapat memudahkan penyewa dalam membayar tempat tersebut tanpa harus menunggu kedatangan pemilik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Bobby Bachry, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Program Studi Sistem Informasi

Dona Yuliawati, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Program Studi Sistem Informasi

References

Wahyu, Kalis Herdianto., dan Cahyo, Ernes Nugroho. 2016. Sistem Informasi Rumah Kost Berbasis Android Di Wilayah AUB Surakarta. Jurnal Ilmiah Go Infotech, Volume. 22, No. 2, ISSN: 1693-590x.
[2] Rosaldi, Dadi., dkk. 2016. Aplikasi Isstem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Bandung Berbasis Android. Jurnal Computech dan Bisnis, Vol. 10, No. 1, ISSN: 2442-4943.
[3] Rosaldi, Dadi., dkk. 2016. Aplikasi Isstem Informasi Pencarian Tempat Kos Di Kota Bandung Berbasis Android. Jurnal Computech dan Bisnis, Vol. 10, No. 1, ISSN: 2442-4943.
[4] Hati, G.M., Suprayogi, A. and Sasmito, B., 2013 Aplikasi Penanda Lokasi Peta Digital Berbasis Mobile GIS pada Smartphone Android. Jurnal Geodesi Undip, 2(4).
[5] Grarian, R.P., Suprayogi, A. and Yuwono, B.D., 2015. Pembuatan aplikasi mobile gis berbasis android untuk informasi pariwisata di kabupaten gunungkidul. Jurnal Geodesi Undip, 4(2), pp.241-247.

Downloads

Published

2020-10-26