Investigasi Visual Jembatan Kp. Keling A & B Menggunakan Metode Bridge Management System (BMS)

Authors

  • Desy Kumalasari Politeknik Negeri Bandung
  • Sumargo Sumargo

Abstract

Penilaian kondisi jembatan merupakan usaha pemeliharaan jembatan untuk mempertahankan usia jembatan dan mencegah terjadinya kerusakan struktur jembatan yang berkelanjutan. jumlah kendaraan yang semakin meningkat tentu saja akan meningkatkan resiko penurunan kekuatan jembatan dan umur jembatan. Maka dari itu pemeriksaan dan penilaian kondisi jembatan merupakan hal yang sangat penting agar jembatan bekerja secara optimal. Paper ini akan dibahas tentang pemeriksaan salah satu jembatan di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Jembatan Jembatan Kp. Keling A dan B yang mengacu pada Bridge Management System. Tujuan dari paper ini adalah untuk mengevaluasi kerusakan elemen dan struktur dari jembatan Kp. Keling A dan B sehingga dapat diperoleh gambaran kondisi dan memprediksi sisa umur jembatan. Berdasarkan investigasi visual yang telah dilakukan terhadap Jembatan Kp. Keling A dan B menujukkan bahwa jembatan mengalami beberapa kerusakan terutama pada elemen lantai kendaraan dan terdapat tulangan yang sudah terbuka di gelagar dan pilarĀ  jembatan. Untuk meningkatkan kinerja dan mencegah kerusakan lebih lanjut maka dibutuhkan penanganan berupa rehabilitasi dan pemeliharaan rutin pada jembatan tersebut. Secara keseluruhan nilai kondisi Jembatan Kp. Keling A dan B adalah sebesar 2 sehingga prediksi sisa umur dari jembatan adalah 16 tahun. Hasil ini menunjukkan jembatan masih mampu berkinerja secara optimal hingga umur rencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kementrian Pekerjaan Umum (2011). Pedoman Pemeriksaan Jembatan. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga No.005-01/P/BM/2011.

[2] Hariman, F., H, H. C., & Triwiyono, A. (2007). Evaluasi dan Program Pemeliharaan Jembatan Dengan Metode Bridge Management System (BMS) Studi Kasus : Empat Jembatan Provinsi D.I. Yogyakarta. Forum Teknik Sipil.
[3] Dirjen Bina Marga (1993). Bridge Management System Panduan Pemeriksaan Jembatan, Jakarta : Direktorat Jendral Bina Marga Departement Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

[4] Dirjen Bina Marga (2010). Perencanaan Teknik Jembatan, Jakarta : Direktorat Bina Teknik ISBN 978-60297229-2-5..

Downloads

Published

2020-11-07