Rancang Bangun Penghitung Jumlah Koloni Bakteri Berbasis Arduino Uno

Authors

  • Erdo Banu Wicaksono Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Hardianto Hardianto Sekolah Tinggi Teknologi Bontang
  • Arief Muliawan Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3839218

Keywords:

Bakteri, Colony Counter, Arduino Uno

Abstract

Koloni bakteri merupakan sekumpulan dari bakteri-bakteri yang sama yang mengelompok menjadi satu dan membentuk suatu koloni-koloni. Untuk mengetahui pertumbuhan suatu bakteri dapat dilakukan dengan menghitung jumlah koloni bakteri. Perhitungan suatu koloni biasa dilakukan secara manual dengan menandai dan menghitung koloni bakteri yang ada pada cawan petri, perhitungan ini masih menggunakan daya ingat manusia sehingga dapat terjadi kesalahan dalam proses perhitungan. Untuk mempermudah perhitungan jumlah koloni bakteri digunakan alat yang biasa disebut Colony Counter. Pada alat Colony Counter, perhitungan jumlah koloni bakteri menggunakan arduino uno smd dengan  minimum sistem atmega 328 dan Probe sebagai penghitung koloni bakteri. Dengan adanya colony counter tersebut pengguna tinggal menandai koloni bakteri yang dihitung dengan menyentuhkan Probe pada media sampel, sehingga hasil perhitungan akan langsung ditampilkan di LCD. Dari hasil uji coba penghitungan pada 15 sampel alat colony counter dapat berfungsi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erdo Banu Wicaksono, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

Teknik Elektro

Hardianto Hardianto, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

Teknik Elektro

Arief Muliawan, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang

Teknik Elektro

References

[1] Setiyono, M.R. 2013. Sterilisasi, Pembuatan Medium, Motode Perhitungan cawan dan pewarnaan Gram. Laporan Resmi Praktikum Mikrobiologi. Jakarta. 1 - 7.
[2] Hadietomo & Ratna. 1990. Mikrobiologi Dalam Praktek. Gramedia. Jakarta.
[3] Abdul Haris. 2016. Colony Counter Dilengkapi LCD Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. Politeknik Muhammadiyah. Yogyakarta. 5 - 22.
[4] Inggit Rostavia, Her Gumiwang Ariswati dan Priyambada C Nugraha. 2016. Colony Counter Multipen. Mojokerto. 1 - 5.
[5] Arya Bondan Permadi, Her Gumiwang Ariswati dan Triwiyanto. 2014. Inkubator Bakteri Dilengkapi dengan Colony Counter. Surabaya. 1 – 8.

Downloads

Published

2020-05-22