Rancang Bangun Pengharum Ruangan Otomatis Menggunakan RTC (Real Time O’Clok) Berbasis Arduino UNO

Authors

  • Feby Mira Trisna Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Adi Sutrisman Politeknik Negeri Sriwijaya
  • M. Miftakul Amin Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3461345

Keywords:

Pengharum, Arduino Uno, Otomatis, RTC(Real Time O’Clock), LCD(Liquid Crystal Display), Relay

Abstract

Di pasaran pengharum ruangan banyak di temui dalam berbagai macam bentuk, mulai dari yang berbentuk padat yang di gantung di dekat AC atau dekat kipas angin sampai yang cair yang memiliki aplikator penyemprot untuk menyemprotkan pengharum ruangan yang berbentuk cair. Selain memiliki bentuk yang simple dan elegan pengharum ruangan cair dinilai lebih hemat karena penggunaannya tidak setiap saat tetapi di atur oleh timer. Namun kekurangannya adalah batre  yang harus standbye terus menerus dan pengharum yang menyemprot secara kontinyu atau menyemprot secara terus-menerus tanpa batasan waktu walaupun sudah tidak ada kegiatan lagi di dalam ruangan dan itu terjadi pemborosan daya dan pengharum ruangan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis merancang dan merealisasikan Rancang Bangun Pengharum Ruangan. Sistem pada pengharum ruangan otomatis ini diawali dengan aktifnya RTC(Real Time O’Clock) lalu sensor akan menampilkan waktu sekarang pada LCD(Liquid Crystal Display) kemudian sensor akan memberikan data high kepada mikrokontroler, mengaktifkan driver relay, lalu penyemprot akan aktif sesuai dengan waktu yang telah di atur pada program kemudian selanjutnya terdapat tombol pengaturan optioal waktu semprot yang terdapat pada alat kontrol buatan pabrik yang dapat digunakan untuk mengatur berapa menit sekali pengharum tersebut akan menyemprot. Setelah counter waktu aktif pengharum ruangan akan terus meyemprot sesuai dengan tombol pengaturan waktu dan akan berhenti pada saat waktu yang telah di setting pada program ketika dirasa tidak ada lagi aktifitas manusia di dalam ruangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Rani, Meisah. 2015. Prototipe kontrol pengharum ruangan otomatis berbasis sensor PIR dan mikrokontroler ATMEGA 8535. Palembang: Laporan Akhir Jurusan Teknik Komputer program studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya.
[2] Meilisa, Tria. 2018. Rancang Bangun Robot Lengan Pemindah Barang Melalui Pengendali Aplikasi Smartphone Android berbasis Mikrokontroler 328. Palembang: Laporan Akhir, Jurusan Teknik Komputer program studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya.
[3] Sari, Meilinda Mayang. 2014. Rancang Bangun Alat Penyemprot Nyamuk Berdasarkan Pengaturan Real Time O’Clock (RTC) dan Remote Control Menggunakan Mikrokontroler. Palembang: Laporan Akhir, Jurusan Teknik Komputer Program Studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya.
[4] Wahyuni, Tri Rizki. 2016. Formulasi Gel Pengharum Ruangan Menggunakan Karagenan dan Gom Xantan Dengan Minyak Nilam Sebagai Fiksatif dan Minyak Kenanga Sebagai Pewangi. Medan: Skripsi, Program Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara.
[5] Zulfikar,Zulhelmi, dan Amri. 2016. Desain system kontrol penyalahan lampu dan perangkat elektronik untuk meniru keberadaan penghuni rumah. Jurnal Tekno.Vol:5,No.1, Maret 2016 https://doi.org/ 10.25077/jnte.v5n1.182.2016

Downloads

Published

2019-07-01