Rancang Bangun Perpustakaan Digital

Authors

  • Andri Winata Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Zuriana Zuriana Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Herlina Herlina Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Mardiana Mardiana Universitas Lampung
  • Kurnia Muludi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3461341

Keywords:

Perpustakaan Digital, Manajemen Perpustakaan

Abstract

Berdasarkan surat edaran Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 yang dituju kepada :Rektor/Ketua/Direktur PTN/PTS di seluruh Indonesia menyatakan bahwa publikasi hasil penelitian menjadi persyaratan wajib bagi mahasiswa pasca untuk lulus, karena itu kualitas penelitian mahasiswa harus semakin baik dan dapat diterima di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal international bereputasi. Hal ini menjadi tugas besar para pengelola program pascasarjana dan dosen-dosen pembimbing untuk mendorong dan melibatkan mahasiswa pasca untuk dapat mempublikasikan hasil penelitiannya. Salah satunya dengan memfasilitasi dengan literature-literature baik buku, maupun jurnal-jurnal yang berkualitas yang dapat diakses di perpustakaan lingkungan mahasiswa berada. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain manajemen perpustakaan berbasis digital. Hasil penelitiannya bahwa program perpustakaan digital telah dibuat dari tampilan awal masuk perpustakaan digital sampai proses peminjaman buku, namun tampilan perpustakan digital masih sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Hartinah, Sri. 2009. “PEMANFAATAN ALIH MEDIA UNTUK PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL *.” 11:13–18.

[2] Hasanah, Nanan. 2009. World Class University Library. Rapat Kerja Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi se-Jawa Barat. (M akalah). Bandung.

[3] Fahmi, Ismail. 2004. Inovasi Jaringan Perpustakaan Digital: Network of Networks NeONs)2. Makalah disampaikan pada Seminar dan Workshop Sehari Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang 4 Oktober 2004

[4] Leitch Robert A., K. Roscoe Davis. 2005. Analisis & Desain. Andi. Yogyakarta.

[5] Siregar, Oleh Ridwan and Universitas Sumatera Utara. n.d. “Internet: Strategi Penggunaannya Di Perpustakaan Perguruan Tinggi.” 1–8.

[6] Siswadi, Irman. 2008. “Ketersediaan Online Journals Di Perpustakaan Perguruan Tinggi.” 10:23–29.

[7] Sulistyo- Basuki. 2007. Evaluasi Kinerja Jaringan Perpustakaan. (Diakses 16 Juni 2016)

[8] Jogiyanto (2008). ANalisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek APlikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

2019-07-01