Rancang Bangun Mesin CNC Engraver Mini Sebagai Alat Bantu Pembelajaran

Authors

  • Irawan Malik Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Sairul Effendi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Soegeng Witjahjo Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.3461339

Keywords:

Desain, Manufaktur, CNC Mini, Engraver

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan mendesain dan membuat suatu alat yang cocok untuk tujuan pembelajaran di Politeknik berkaitan dengan sistem Computer Numerical Control (CNC) yaitu mesin terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk mengukir (engraving) seperti layaknya dalam pekerjaan milling dan pemotongan pada berbagai bahan-bahan non logam. Proses permesinan dan keakurasian adalah salah satu manfaat utama dari alat CNC engraver mini ini. Untuk desain dan simulasi rancangan digunakan perangkat lunak SolidworksÓ dengan material utama dari kerangka alat adalah aluminum profil. Di infrastruktur mekanis, berbagai komponen digunakan sesuai kepentingannya, seperti komponen-komponen kerangka, pengarah (guide), dan penggerak (drive). Sistem poros transmisi, menggunakan ball screw untuk menghilangkan kerugian gesekan dan menghemat energi. Bahan besi cor digunakan karena kekakuannya. Batang pengarah dianalisis dan diketahui bahwa ini memiliki defleksi yang sedikit, ekspansi termal yang baik karena kondisi kerja waktu yang lama dan cukup kuat untuk menanggung getaran. Sistem kelistrikan membutuhkan pengontrol, komputer dan bagian-bagian listrik di dalamnya. Alat ini dapat diaplikasikan dalam proses perkuliahan CAD/CAM termasuk kemampuan dalam mencetak rangkaian sirkuit di papan sirkuit (PCB), ukiran kayu, desain estetika dan akrilik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ertiken, Y. dan Chiou. 2013. Interdisciplinary Senior Design Project to Develop a Teaching Tool: Mini CNC Mill. 120th ASEE Annual Conference & Exposition. Atlanta: Paper ID. #7187.

[2] Linke, B., Harris, P., Zhang, M. 2015. Development of Desktop Multipurpose Grinding Machine for Educational Purposes. Procedia Manufacturing. Volume 1, 2015, Pp 740–746.

[3] Khan, M.A. Shafi, S. A. Ahmad, Shah, S.F.H., Bhutta, M.M A. 2015. Design, Manufacturing, Evaluation, & Analysis of CNC Carving Machine. Journal of Quality and Technology Management. Vol. XI, Issue II, Dec. 2015, Pp. 111 – 135.

[4] Kumar R.R., et all. 2015. Design and Fabrication of Low Cost Portable Laser Cutting Machine. Proceedings of 12th IRF International Conference, Bengaluru, India, 17th May 2015, ISBN: 978-93-85465-13-0.

[5] Spilling, T. 2014. Self-Improving CNC Milling Machine. Master Thesis: University of Oslo. www.duo.uio.no.

[6] Ramadhan, M. R. 2018. Aplikasi Hasil Mesin CNC Router 3 Sumbu pada Ukiran Kayu Khas Palembang. T. A. Unpublished. Teknik Mesin. Polsri.

Downloads

Published

2019-07-01