Penentuan Kepuasan Pengguna Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dengan Menggunakan Metode SAW

Authors

  • Wina Yusnaeni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Indarti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.14252198

Abstract

Pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai hak-hak dasar setiap warga negara dan penduduk atas proses penyelenggara pelayanan yang terkait kepentingan publik. Salah satu pelayanan yang ada di pemerintahan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu). PTSP dikenal sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan perizinan dan non perizinan yang prosesnya mulai dari permohonan sampai dengan dokumen terbit yang dilakukan secara terpadu di wilayah DKI Jakarta. Permasalahan terjadi dengan masih terdapat komplain masyarakat terhadap sistem pelayanan yang mengakibatkan buruknya sistem kinerjanya. Pentingnya penilaian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dan upaya peningkatan pelayanan menjadi lebih baik. Selain itu dengan adanya penilaian kepuasan masyarakat akan pelayanan, akan menajadikan keterlaksanaan pelayanan yang transparan dan akuntable. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam proses penilaian tingkat kepuasan, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem pendukung keputusan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode SAW yang akan menghasilkan nilai preferensi. Hasil penelitian berupa pengelompokkan nilai preferensi dengan interval tingkat kepuasan tinggi sebesar 35,48 %, tingkat kepuasan masysrakat rata-rata 64,52% dan tingkat kepuasan masyarakat rendah 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01