PENGARUH WAKTU DAN SUHU MENGGUNAKAN PEMANAS INDUKSI TERHADAP KEKERASAN MATERIAL PAHAT UKIR KAYU

Main Article Content

Romli .
Reac Pratama
Eka Satria M

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan nilai kekerasan baja JIS SUP 9 sebagai material dasar pembuatan pahat ukir kayu yang di beri perlakuan lanjutan berupa perlakuan panas (Hardening) dengan variasi suhu dan variasi waktu penahanan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kekeraan terhadap material baja JIS SUP 9, serta  menggunakan induction heater 1800 W dan  munggunakan Power Supply 48V 40A sebagai media pemanas baja JIS SUP 9 dan spesimen pahat ukir kayu , Penelitian diharapkan dapat mengetahui pengaruh kekerasan terhadap sifat mekanis dari baja JIS SUP 9 sebagai material dasar pembuatan dari pahat ukir kayu yang di beri perlakuan panas menggunakan alat induction heater. Tahapan penelitian dimulai dengan mencari literatur dan survey lapangan untuk dilanjutkan dengan mempersiapkan spesimen baja JIS SUP 9 dan lalu proses pembuatan spesimen dari baja JIS SUP 9 dengan proses gergaji dan gerinda. Selanjutnya dilakukan proses hardening dengan menggunakan alat Induction Heater 1800W. Selanjutnya proses perlakuan panas menggunakan variable 3 variasi suhu hardening yakni 800°C, 850°C, 900°C serta 3 variasi waktu penahanan yakni 30 detik, 45 detik, dan 60 detik. Pengujian yang dilakukan guna mendapatkan hasil kekerasan dengan menggunakan uji kekerasan Rockwell. Analisis data hasil uji menggunakan ANOVA. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa kekerasan terbesar terdapat spesimen pada variasi suhu 800°C dengan variasi waktu penahanan selama 30 detik dengan nilai kekerasan 64 HRC.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
., R., Pratama, R., & M, E. S. (2021). PENGARUH WAKTU DAN SUHU MENGGUNAKAN PEMANAS INDUKSI TERHADAP KEKERASAN MATERIAL PAHAT UKIR KAYU . MACHINERY: Jurnal Teknologi Terapan, 2(3), 141–146. https://doi.org/10.5281/zenodo.6383869
Section
Articles

References

A. Amanto, Hari, 1999. Ilmu Bahan. Jakarta: Bumi Aksara

A. Fanni, 2016. Hubungan Antara Kekerasan Material Dengan Frequensi Pemanas Induksi Pada Baja ST 60. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tanggerang, Tanggerang.

A. Viktor, dkk, 2017. Pengaruh Waktu Pemanasan Menggunakan Pemanas Induksi Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Material S50C. Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang. Karawang.

M. bobi, 2019. Pengaruh Variasi Temperature Pemanasan Terhadap Kekerasan Dan Ketebalan Lapisan Pada Chromizing Baja ST 37. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang

M. ilham, 2017. Pengaruh Proses Pack Caruburizing Terhadap Sifat Mekanik Baja Karbon Rendah AISI 3115. Politeknik Sriwijaya. Palembang.

M. Sudjana, 2005. Metode Statistika Edisi ke 6. Bandung: PT. Tarsito, Bandung.

I. Sumiyanto, dkk. Pengaruh Proses Hardening dan Tempering Terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro pada Baja Karbon Sedang Jenis SNCM 447, Jurnal Teknik Mesin, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jakarta.

I. Karmin dan Ginting, M. 2012. Analisis Peningkatan Baja Amutit Menggunakan Media Pendingin Dromis . Jurnal Austenit. Jurusan Teknik Mesin. Vol.4. No.1. Hal 1-7

I. Yuri, dkk. Pengaruh Media Pendingin pada Proses Hardening Material Baja S45C, Jurnal Teknik Mesin, Universitas Tarumanegara, Jakarta.