Pengamanan Tanda Tangan Digital Dalam QR Code Berbasis Website Menggunakan Metode RSA (Studi Kasus: Kantor Desa Parit Baru)

Authors

  • Rahmat Wahyudi UNIVERSITAS TANJUNGPURA
  • Uray Ristian Universitas Tanjungpura
  • Suhardi UNIVERSITAS TANJUNGPURA

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10790821

Abstract

Sistem administrasi surat menyurat di Kantor Desa Parit Baru sudah menggunakan sistem terkomputerisasi. Namun, masih terdapat kekurangan dalam sistem informasi surat menyurat yang saat ini diterapkan. Salah satu kekurangan utama adalah kurangnya fasilitas tanda tangan digital, dengan proses penandatanganan surat masih mengandalkan tanda tangan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan fasilitas tanda tangan digital dalam administrasi surat menyurat dan mendukung penerapan keamanan dalam proses administratif. Penelitian ini menggunakan algoritma RSA untuk implementasi tanda tangan digital. Meskipun algoritma RSA memiliki keamanan yang tinggi, namun menghasilkan kode tanda tangan yang panjang. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian juga menggunakan skema QR Code sebagai metode untuk menampung kode tanda tanda tangan digital yang panjang sehingga dapat disisipkan pada dokumen surat. Hasil dari penelitian ini bermanfaat untuk menyederhanakan proses tanda tangan pada dokumen surat dengan menggunakan tanda tangan digital. Selain itu, sistem ini juga dapat menjaga keaslian dokumen surat. Dalam hasil pengujian, pemindaian QR Code terenkripsi terhadap 15 data QR Code berhasil, sehingga dapat mengenali seluruh data.   Kata kunci— Kriptografi, Algoritma RSA, Tanda Tangan Digital, QR Code, Surat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Wahyudi, R., Ristian, U., & Suhardi. (2024). Pengamanan Tanda Tangan Digital Dalam QR Code Berbasis Website Menggunakan Metode RSA (Studi Kasus: Kantor Desa Parit Baru). JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 16(1), 181–193. https://doi.org/10.5281/zenodo.10790821