Analisis Pelayanan Aplikasi SIDEMANG Menggunakan Metode Servqual Pada Dinas Kominfo Kota Palembang

Authors

  • Nyimas Hamidah Purnama Agustriani - Program Studi Magister Teknik Informatika Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10068255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan aplikasi SIDEMANG yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang menggunakan metode Servqual. Metode Servqual digunakan untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh aplikasi SIDEMANG. Sampel penelitian ini adalah pengguna aplikasi SIDEMANG Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan terkait lima dimensi kualitas pelayanan Servqual, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Inovasi SIDEMANG memberikan dampak positif terhadap kecepatan, kemudahan, efektivitas, dan efisiensi pelayanan di kecamatan dan kelurahan. Dengan adanya inovasi SIDEMANG, masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai layanan di kecamatan dan di kelurahan dengan mudah, serta dapat mengajukan permohonan secara online lewat web maupun aplikasi mobile. Masyarakat juga bisa melacak apakah berkas yang diajukan sudah ditandatangani secara elektronik atau belum. Sekarang ini, berkas permohonan yang telah selesai dapat langsung dicetak sendiri oleh pemohon setelah melalui proses verifikasi dari operator kecamatan maupun kelurahan sehingga dapat lebih menghemat waktu. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode servqual didapatkan bahwa pelayanan aplikasi SIDEMANG sangat memenuhi harapan dan memiliki kualitas dan penggunaan yang tinggi, serta memberikan respon yang cepat terhadap permintaan pengguna.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

-, N. H. P. A., & Sutabri, T. . (2023). Analisis Pelayanan Aplikasi SIDEMANG Menggunakan Metode Servqual Pada Dinas Kominfo Kota Palembang. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 15(2), 883–894. https://doi.org/10.5281/zenodo.10068255