Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Wudhu Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus : TPA Raudhatul Hijrah)
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.10069373Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak besar pada bidang pendidikan, namun TPA Raudhatul Hijrah di Prabumulih menghadapi kendala dalam metode pembelajaran yang kurang menarik. Minat dan konsentrasi santri terutama dalam tata cara wudhu kurang optimal. Untuk mengatasi masalah ini, penulis berencana mengembangkan aplikasi mobile dengan pendekatan augmented reality. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Santri tak hanya membaca, tetapi juga mendengarkan bacaan doa-doa wudhu serta melihat animasi 3D gerakan wudhu.Metode pengembangan MDLC dan alat bantu perancangan UML akan digunakan dalam penelitian ini. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman santri mengenai tata cara wudhu yang benar, penting karena peranannya dalam persiapan ibadah. Dengan teknologi inovatif ini, proses pembelajaran diharapkan lebih menarik, efektif, dan membantu santri memahami tata cara wudhu dengan lebih baik
Kata kunci— Media Pembelajaran, Wudhu, Augmented Reality, MDLC, UML.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Permana Putra, Iwan Setiawan, Muchlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.