Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Wudhu Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus : TPA Raudhatul Hijrah)

Authors

  • Permana Putra Universitas Prabumulih
  • Iwan Setiawan
  • Muchlis

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.10069373

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak besar pada bidang pendidikan, namun TPA Raudhatul Hijrah di Prabumulih menghadapi kendala dalam metode pembelajaran yang kurang menarik. Minat dan konsentrasi santri terutama dalam tata cara wudhu kurang optimal. Untuk mengatasi masalah ini, penulis berencana mengembangkan aplikasi mobile dengan pendekatan augmented reality. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Santri tak hanya membaca, tetapi juga mendengarkan bacaan doa-doa wudhu serta melihat animasi 3D gerakan wudhu.Metode pengembangan MDLC dan alat bantu perancangan UML akan digunakan dalam penelitian ini. Diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman santri mengenai tata cara wudhu yang benar, penting karena peranannya dalam persiapan ibadah. Dengan teknologi inovatif ini, proses pembelajaran diharapkan lebih menarik, efektif, dan membantu santri memahami tata cara wudhu dengan lebih baik Kata kunci— Media Pembelajaran, Wudhu, Augmented Reality, MDLC, UML.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Putra, P., Iwan Setiawan, & Muchlis. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Wudhu Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus : TPA Raudhatul Hijrah). JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 15(2), 1011–1018. https://doi.org/10.5281/zenodo.10069373