Pengembangan Aplikasi E-Brosur Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: Media Promosi Universitas Terbuka)

Authors

  • Dian Nurdiana Universitas Terbuka
  • Dwi Astuti Aprijani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.5281./5484/5.jupiter.2022.10

Abstract

Dalam rangka berkontribusi pada pemerataan pendidikan dan peningkatan angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) menargetkan peningkatan jumlah siswa menjadi 1 juta siswa. Untuk mencapai target tersebut, UT harus gencar mempromosikan dan mensosialisasikan program-programnya melalui kantor wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia. Promosi dan sosialisasi UT harus dilakukan secara menarik dengan menggunakan teknologi terkini. Salah satu teknologi terkini yang dapat digunakan sebagai media promosi adalah Augmented Reality. Dalam studi ini kami mengembangkan aplikasi e-brosur berbasis Augmented Reality. Penggunaan Augmented Reality bertujuan untuk menarik minat generasi millennial karena mereka menonjol dalam penggunaan teknologi. Metode pengembangan yang digunakan adalah Software Development Life Cycle (SDLC). Pengujian dilakukan dengan menggunakan Pengujian Black Box. Dari hasil pengujian yang dilakukan dari 7 merek handphone Android disimpulkan bahwa semua pengujian berjalan dengan baik. Sehingga aplikasi ini bisa dilanjutkan pada tahap selanjutnya seperti uji user acceptance test.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-02-16

How to Cite

Nurdiana, D., & Aprijani, D. A. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Brosur Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: Media Promosi Universitas Terbuka). JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer, 14(2-c), 497–506. https://doi.org/10.5281./5484/5.jupiter.2022.10

Issue

Section

Articles