Evaluasi Usability Aplikasi Pln Mobile Menggunakan Metode System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.5281./5419/15.jupiter.2023.04Abstract
PLN MOBILE adalah aplikasi mobile customer self service berbasis mobile yang terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Melalui aplikasi PLN Mobile, Anda bisa melakukan permohonan pasang baru, permohonan mutasi tarif/daya, dan permohonan penerangan sementara tanpa perlu pergi ke kantor PLN terlebih dahulu. Aplikasi PLN Mobile juga bisa menerima layanan pengaduan dan status pengaduan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat usability perlu diketahui untuk menjelaskan usability pada aplikasi PLN MOBILE sudah berada pada tingkatan mana dari sisi pengguna. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat usability yang ada pada aplikasi PLN MOBILE menggunakan metode system usability scale(SUS). Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data dengan Sitem usability scale(SUS) yang mana penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuisoner.
Kata kunci—Evaluasi, PLN Mobile System usability scale