Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi e-Dempo Pada Kantor Samsat UPTB Palembang I Menggunakan Heuristic Evaluation
DOI:
https://doi.org/10.5281./5273/15.jupiter.2023.04Abstract
Aplikasi e-Dempo berbasis Mobile adalah aplikasi untuk melayani dan mempermudah dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Aplikasi e-Dempo ini perlu dilakukan evaluasi kualitas agar mendapatkan hasil aplikasi yang berkualitas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan menganalisis pengalaman pengguna pada aplikasi e-Dempo untuk mengetahui permasalahan pada pengalaman pengguna dan memberikan sebuah usulan atau rekomendasi. Metode heuristic evaluation memakai 10 variabel metode Heuristic Evaluation dengan skala severity ratings. Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat dari aspek heuristic evaluation, dimana dari sepuluh aspeknya terdapat 8 aspek yang menempati nilai rata-rata severity ratings 1 yaitu cosmetic problem dimana masalah yang tidak terlalu mempengaruhi kenyamanan pengguna dan perbaikan tidak terlalu dibutuhkan. 8 aspek yang mendapati nilai 1 severity ratings tersebut yaitu visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, aesthetic and minimalist design, dan help users recognize, diagnose, and recovers from errors dan 2 aspek yang mendapatkan nilai severity ratings 2 yaitu minor usability problem dimana terdapat masalah yang menganggu kenyamanan pengguna. dibutuhkan perbaikan dengan tingkat prioritas rendah yaitu aspek flexibility and efficiency of use dan help and documentation. Dari 10 aspek heuristic evaluation tersebut ada 2 apek yang tertinggi yaitu flexibility and efficiency of use dengan nilai rata-rata severty rating 1,605 atau 2 dari hasil pembulatan dan Help and documentation dengan nilai rata-rata severty rating 1,730 atau 2 dari hasil pembulatan.