Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Pengambilan Treatment
DOI:
https://doi.org/10.5281./5266/5.jupiter.2022.10Abstract
Kumpulan data yang besar bisa diolah menjadi informasi yang bermanfaat, salah satunya yaitu data transaksi member di The Yellow Salon. Tingginya tingkat kunjungan member setiap harinya terutama saat weekend merupakan gambaran tingginya ketertarikan member terhadap paket-paket treatment yang disediakan. Pemilihan strategi promosi memerlukan acuan agar promosi yang dilakukan dapat tepat sasaran, misalnya dengan mencari kombinasi untuk membuat promo bundling. Dengan menggunakan sebuah metode Data Mining yaitu Association Rules dengan Algoritma FP-Growth, penelitian ini bertujuan membantu membentuk kandidat kombinasi antar treatment dalam promosi rekomendasi treatment bagi member The Yellow Salon. Dataset transaksi member pada tahun 2020 sejumlah 1081 data dikumpulkan. Pada pengujian menggunakan software RapidMiner, ditentukan nilai minimum support 0,8 dan nilai minimum confidence 0,9. Nillai confidence terbesar diperoleh dari asosiasi Eyelash dengan Face Treatmet sebesar 94%. Algoritma FP-Growth dapat menghasilkan aturan asosiasi sebagai acuan dalam menentukan strategi promosi produk dan mendukung keputusan dalam memberikan rekomendasi treatment kepada pelanggan berdasarkan nilai support dan confidence yang telah ditetapkan.