Application of Data Mining in Clothing Sales Transactions Using the Apriori Algorithm
DOI:
https://doi.org/10.5281./5187/5.jupiter.2022.10Abstract
-
Abstrak
Toko Hotman Dedi bergerak dibidang penjualan online (marketplace) fashion. Toko Hotman Dedi belum memiliki data penjualan pakaian yang tidak laris dan paling banyak terjual, sering mengalami kendala dalam setiap transaksi berupa tidak terdatanya ketersediaan barang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuahan pelanggan. Dengan latar belakang tersebut mendorong penulis yaitu menerapkan data mining pada data transaksi penjualan pakaian dengan menggunakan algoritma apriori. Tujuan penelitian ini adalah dengan adanya pengolahan data yang dilakukan akan dapat memberikan solusi kepada penjual agar dapat mengetahui produk mana yang tidak banyak terjual dan paling banyak terjual. Data yang akan digunakan di dalam penelitian ini merupakan data private yaitu data transaksi penjualan di Toko Online Hotman Dedi yang terkumpul selama 3 bulan. Metode penerapan yang digunakan data mining pada transaksi penjualan pakaian metode algoritma apriori menggunakan RapidMiner. Berdasarkan hasil final penelitian dari Association Rule minimal support 90% dan minimal confidence 80% yang berjumlah 2 Rules.
Â
Kata Kunci - Algoritma Apriori, Data Mining,RapidMiner