Mobile Learning Dalam Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode STEAM

Penulis

  • Teguh Setiadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Laksamana Rajendra Haidar Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.5281/3766.jupiter.2021.10

Abstrak

Teknologi sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan dan kebutuhan sehari-hari, serta menyediakan hiburan yang beragam bagi yang menginginkannya. Untuk itu, masyarakat dituntut untuk melakukan suatu perubahan di setiap kegiatannya. Proses pembelajaran guru di TK Tunas Harapan yang beralamat di Desa Limbangan Rt 02 Rw 04 Kecamatan Banyu Putih, lebih sering menggunakan media kertas yang di tempel pada dinding maupun mengunakan alat peraga dalam menyampaikan materi pembelajaran belum menggunakan teknologi pembelajaran. Sehingga, anak terasa bosan dan terkadang abai memperhatikan penjelasan guru dan terkadang proses pembelajaran tersebut sangat bergantung pada penyampaian materi yang disampaikan oleh guru secara langsung. Untuk itu dalam memberikan pendukung pembelajaran yang interaktif adalah dengan memanfaatkan adanya media fasilitas belajar yang menggunakan teknologi berbasis mobile edukasi. Penerapan model pembelajaran dengan metode STEAM dalam kegiatan pembelajaran anak usia 5 hingga 6 tahun salah satunya berupa pengembangan kreativitas siswa. Dalam membangun mobile edukasi dalam pembelajaran interaktif untuk anak usia dini untuk menyajikan atau memperkenalan teknologi berbasis mobile edukasi kepada anak usia sejak dini, dalam belajar mandiri dengan mudah diakses diluar jam pelajaran maupun membantu guru dalam mengajar khususnya.   Kata kunci—Mobile Edukasi, Pembelajaran Interaktif, Metode STEAM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-25

Cara Mengutip

Teguh Setiadi, & Laksamana Rajendra Haidar. (2021). Mobile Learning Dalam Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode STEAM . JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(2), 140–149. https://doi.org/10.5281/3766.jupiter.2021.10