Pengujian Kegunaan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus :Desa di Kabupaten Purbalingga)

Village Financial Management, Village Financial System (SISKEUDES) and System Usability Scale (SUS)

Penulis

  • Bayu Wira saputra Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Januarita AK Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • M. Eka Purbaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.5281/3588.jupiter.2021.10

Abstrak

            Kehadiran undang-undang tentang desa yaitu UU No.20 Tahun 2018 memperkuat status desa sebagai pemerintahan masyarakat sekaligus sebagai kekuatan desa untuk membangun infrastruktur serta memberdayakan masyarakat desa. Sebagai dukungan kepada Pemerintah Desa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan keuangan desa, Pemerintah mengembangkan Aplikasi yang disebut Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Aplikasi SISKEUDES merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka memperbaiki tata kelola keuangan desa. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi SISKEUDES dibuat sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES. Meskipun demikian untuk menjalankan aplikasi SISKEUDES masih adanya kendala yaitu ketersediaan sumber daya manusia (SDM) dan perangkat desa yang tidak menguasai komputer. Setelah diterapkannya aplikasi tersebut di pemerintah desa, kenyataannya dalam penggunaan SISKEUDES masih adanya ketidaksesuaian penggunaan sebuah sistem informasi dengan apa yang diharapkan oleh pengguna aplikasi tersebut. Penelitian ini diperlukan pengujian 69 desa di Kabupaten Purbalingga, dengan satu desa satu responden yaitu perangkat desa yang menggunakan aplikasi SISKEUDES. Model pengujian kegunaan sistem yang diketahui dapat melakukan tugas ini adalah dengan menggunakan framework kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengukur aspek-aspek usability menurut penilaian subyektif pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kegunaan SISKEUDES menggunakan System Usability Scale dengan Studi Kasus Desa di Kabupaten Purbalingga. Pada penelitian ini untuk mendapatkan data, maka dibuat kuesioner System Usability Scale (SUS) pada perangkat desa yang menggunakan SISKEUDES dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden. Hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas perangkat desa merasa puas (Above Average) dengan SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) yaitu sebesar 59 perangkat desa (86%) sedangkan sisahnya yaitu 10 perangkat desa (14%) merasa tidak puas (Below Average) dengan SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-25

Cara Mengutip

Bayu Wira saputra, Dwi Januarita AK, & M. Eka Purbaya. (2021). Pengujian Kegunaan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus :Desa di Kabupaten Purbalingga): Village Financial Management, Village Financial System (SISKEUDES) and System Usability Scale (SUS). JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(2), 157–167. https://doi.org/10.5281/3588.jupiter.2021.10