Implementasi Metode MDLC Pada Iklan Video Cinematic Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Digital Branding Cafe Cozy Coffee

Authors

  • Tiara Afrilia
  • Slamet Widodo Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ema Laila Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Teknologi Multimedia, MDLC, Efektivitas, Digital Branding, Promosi

Abstract

Saat ini, Dunia telah mengalami fase peningkatan dan perkembangan teknologi dan jaringan komunikasi. Hal-hal yang sulit kemudian dapat disederhanakan akibat dari pesatnya kemajuan teknologi. Teknologi multimedia merupakan perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi elektronik. Multimedia memberikan kemudahan dalam menyampaikan pesan dalam bentuk audio dan visual yang menjadi media dalam mempromosikan suatu barang ataupun jasa kepada publik, dalam dunia bisnis produk multimedia yang paling banyak diminati adalah Video cinematic dimana dalam suatu video biasanya berisikan cerita yang dikemasi dengan visual yang indah dengan memperhatikan warna, kecerahan, kontras, ketajaman, motion blur, ruang tajam, efek optic, grain, vignette, tata pencahayaan, dan camera movement. MDLC (Multimedia Development Life Cycle). MDLC (multimedia development life cycle) merupakan metode pengembangan perangkat lunak multimedia yang memiliki 6 tahapan diantaranya: Konsep, Perancangan,Pengumpulan bahan,Pembuatan,Pengujian dan Distribusi. Dalam kaitannya, Jurnal ini membahas mengenai efektivitas video iklan salah satu kafe yang berada di Palembang dengan konsep indoor dan outdoor yang bernama Café Cozy Coffee dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) serta dampak luas dan manfaat yang diberikan dari video promosi tersebut sebagai bentuk digital branding. Untuk menguji penelitian tersebut mengunnakan Three Layers of Social Media yaitu Key Metrics, Engagement Rate dan Conversation Analysis. Serta Analisis Data yaitu Penyebaran kuesioner pada  masyarakat palembang. Hasil uji penelitian menyatakan bahwa video tersebut mengalami peningkatan secara signifikan.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Afrilia, T., Widodo, S., & Laila, E. (2024). Implementasi Metode MDLC Pada Iklan Video Cinematic Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Digital Branding Cafe Cozy Coffee. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 117–123. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9966

Issue

Section

Articles