Rancang Bangun Game Edukasi 2D “ FRUITBLE PUZZLE “ Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • M Riski Dwi Saputra
  • Yulian Mirza Jumeilah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Rian Rahmanda Putra Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Game Edukasi, Puzzle, MDLC, Blackbox Testing

Abstract

Game Adalah salah satu media hiburan yang menjadi pilihan anak untuk menghilangkan kejenuhan atau hanya untuk sekedar mengisi waktu luang. Selain menjadi media hiburan, game juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak seseorang dalam daya motorik, afeksi, kognitif, spiritual, dan keseimbangan sehingga mencerdaskan kemampuan otak anak-anak. Dalam meningkatkan proses pendidikan anak, penting untuk memperhatikan Pendidikan anak terhadap makanan yang bergizi dan mengedukasi anak sejak dini untuk memakan makanan yang bergizi seimbang contohnya sayur dan buah. Di Indonesia, Konsumsi sayur dan buah kurang sesuai dengan porsi yang dianjurkan.. Peneliti tertarik mengambil topik masalah ini untuk dijadikan solusi agar anak-anak bisa memiliki pengetahuan baru untuk menaikan minat anak dalam menyukai buah dan sayur dengan menggunakan smartphone. Game Edukasi adalah suatu Software yang sangat cocok untuk sebagai alat ajar mengajar. Mengingat pentingnya sebuah Materi yang akan diTampilkan, peneliti memilih mengunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), metode yang cocok untuk mengembang sebuah aplikasi design. Dan setealah aplikasi ini selesai akan diuji menggunakan Testing Black Box

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Saputra, M. R. D. ., Jumeilah, Y. M., & Rian Rahmanda Putra. (2024). Rancang Bangun Game Edukasi 2D “ FRUITBLE PUZZLE “ Untuk Anak Usia Dini. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 109–116. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9349

Issue

Section

Articles