Enterprise Sosial Media Iklan Layanan Masyarakat Pada Bank Sampah Sakura Palembang

Authors

  • Al Shiddiqy Islam Karimov Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Azwardi Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Hidayati Ami Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

video, iklan layanan masyarakat, bank sampah

Abstract

Video iklan layanan Masyarakat, secara tidak langsung video ini dibuat dengan tujuan sebagai media informasi terhadap sosial media salah satunya platform Instagram Bank Sampah Sakura yang sebelumnya belum ada tentang video Iklan Layanan Masyarakat, dan juga ditujukan agar memotivasi Masyarakat agar mau memilah sampah sehingga lingkungannya bersih dan memaksimalkan pemanfaatan barang bekas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada model Borg & Gall. Menghasilkan video iklan layanan Masyarakat yang berjudul “Pahlawan Lingkungan†yang mengajak Masyarakat untuk menjaga pentingnya kebersihan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. Menghasilkan video berdurasi 1 menit 52 detik dengan format mp4 yang dapat diputar dari berbagai perangkat lunak pemutar video dan platform Instagram. Data yang didapat dengan index cohen kappa yang dimana untuk hasil dari index cohen kappa pada penilitian ini adalah “0,80â€. Maka dikatakan video iklan layanan masyarakat yang sudah dibuat “Tinggi†untuk dipublikasi dan dipergunakan.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Karimov, A. S. I., Azwardi, A., & Ami, H. . (2024). Enterprise Sosial Media Iklan Layanan Masyarakat Pada Bank Sampah Sakura Palembang. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 57–66. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9267

Issue

Section

Articles