Perancangan Media Interaktif sebagai saran belajar pada pelajaran IPA Getaran, Gelombang dan Bunyi

Authors

  • Dhiya Atiffah Menaka
  • Adi Sutrisman Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fithri Selva Jumeilah Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Media interaktif, mdlc, media pembelajaran

Abstract

Dalam dunia Pendidikan Komponen utama yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas proses belajar yaitu pengajar, materi pelajaran dan media pembelajaran Komponen utama yang harus diperhatikan oleh universitas agar dapat Media pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar mata pelajaran IPA
getaran, gelombang dan bunyi menggunakan teks, video, animasi dan game sebagai multimedia Pembelajaran interaktif. Proses pembelajaran khususnya pada mata pelajararn IPA di SMPN 3 Tebing Tinggi masih menggunakan cara konvensional sehinga siswa masih kesulitan memahami materi karena metode ceramah yang digunakan belum mampu menggambarkan peristiwa yang terjadi dalam materi, sehingga siswa belum mampu membayangkan secara visual. Tujuan dari penelitiai ini adalah untuk membuat media interaktif pada mata pelajaran IPA BAB Getaran, Gelombang dan bunyi. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode ini terdiri dari ada 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan dalam proses pelaksanaannya.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Menaka, D. A., Sutrisman, A., & Jumeilah, F. S. (2024). Perancangan Media Interaktif sebagai saran belajar pada pelajaran IPA Getaran, Gelombang dan Bunyi. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 101–108. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9260

Issue

Section

Articles