Implementasi Teknik Rotoscoping Pada Produksi Animasi 2 Dimensi Dalam Sebuah Video Personal Branding Menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Muhammad Dimas Fajriansyah
  • Ema Laila Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Meiyi Darlies Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Personal branding, 2d animation, rotoscope, MDLC

Abstract

Dalam era digital, personal branding menjadi cara penting untuk menunjukkan potensi seseorang kepada khalayak. Personal branding yang baik dapat menciptakan kepercayaan dan memudahkan seseorang dalam mencari peluang kerja dan mengembangkan bisnis. Namun, banyak video personal branding yang kurang memaksimalkan proses produksi, termasuk teknik pengambilan gambar dan pembuatan animasi. Animasi merupakan salah satu elemen penting dalam video personal branding, namun kebanyakan animasi yang digunakan hanya berupa motion graphic sederhana, tidak sepenuhnya menggunakan konsep animasi 2 Dimensi. Dalam penelitian ini, dilakukan implementasi teknik rotoscoping pada pembuatan animasi 2 Dimensi dalam video personal branding. Dengan menggunakan teknik ini, animasi dalam video personal branding akan menjadi lebih realistis, kompleks, dan fluid. Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) digunakan dalam proses produksi video personal branding ini dan diuji menggunakan metode cohen kappa serta menghasilkan index bernilai “0,71†yang termasuk ke dalam kategori tinggi

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Fajriansyah, M. D., Laila, E. ., & Darlies, M. . (2024). Implementasi Teknik Rotoscoping Pada Produksi Animasi 2 Dimensi Dalam Sebuah Video Personal Branding Menggunakan Metode MDLC. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 67–76. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9255

Issue

Section

Articles