Rebranding Visual untuk Media Promosi Rumah Batik Serasan Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Hartini Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ahyar Supani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Meiyi Darlies Politeknik Negeri Sriwijaya

Keywords:

Desain visual, Rebranding, UMKM, Rumah batik serasan, Desaign Thinking

Abstract

Berbagai entitas yang berada di sekitar kita sebenarnya sangat membutuhkan desain grafis untuk menciptakan identitas visualnya, tidak terkecuali pada entitas yang bergerak pada ruang lingkup Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Salah satu identitas visual yang banyak digunakan oleh rumah produksi UMKM ialah desain logo. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah desain logo Rumah Batik Serasan sehingga dapat digunakan sebagai media promosi bagi UMKM tersebut. Penelitian pengembangan metode design thiking Subjek penelitian meliputi 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 30 orang konsumen produk Rumah Batik Serasan. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan pencatatan dokumen. Dengan teknik analisis data kualitatif dan kauntitatif. Proses perancangan ulang identitas visual untuk mendukung media promosi yang dilakukan melalui lima tahapan, yaitu (a) Empathize, (b) Define, (c) Ideate, (d) Prototype and (e) Test. Hasil review ahli materi menunjukkan hasil persentase sebesar 0,85% (sangat valid), ahli media 0,87% (sangat valid), dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 77,5% (baik). Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa rebranding identitas visual dapat digunakan sebagai media promosi Rumah Batik Serasan.

Downloads

Published

2024-10-11

How to Cite

Hartini, Ahyar Supani, & Meiyi Darlies. (2024). Rebranding Visual untuk Media Promosi Rumah Batik Serasan Menggunakan Metode Design Thinking. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(2), 1–9. Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtimd/article/view/9204

Issue

Section

Articles