Implementasi Desain Template Konten Youtube Dengan Teknik Motion Graphic Pada PT Travelogin Menggunakan Metode Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.14277574Keywords:
Template Konten Youtube, Motion Graohic, Desaign Thinking, Usability TestingAbstract
Motion Graphic adalah seni memberikan dinamika pada teks dan gambar, menghasilkan pesan yang kuat kepada penonton. Ini melibatkan elemen bergerak, baik teks maupun gambar, yang diatur dalam ruang dan waktu. Teknik pergerakan dan ritme digunakan untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif. Pendekatan Berbasis Pengguna dari Metode Design Thinking mendorong penulis mempertimbangkan secara holistik pengalaman penonton. Dengan memahami tujuan, preferensi, dan kebutuhan pengguna, kreator konten dapat merancang desain template yang memenuhi harapan penonton, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat citra merek YouTube. keterbatasan sumber daya dan kurangnya pemahaman tentang strategi pemasaran modern dalam desain template konten YouTube menyebabkan penggunaan teknik editing yang belum terkoordinasi. Kanal YouTube PT. Travelogin Tour and Travel sejak 2019 telah mengunggah 45 video dengan 3.459 penonton dan 106 pelanggan berlangganan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa implementasi desain template konten YouTube dengan teknik motion graphic menggunakan Metode Design Thinking secara signifikan dapat meningkatkan kualitas konten. Penonton lebih terlibat dan terkesan dengan tampilan yang menarik, berpotensi meningkatkan jumlah penonton, interaksi, dan pertumbuhan kanal YouTube.