Rancang Bangun Media Edukasi Pembelajaran Agama Islam untuk Siswa TK Al-Hikmah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.14277776Keywords:
Media Edukasi Interaktif, Anak Usia Dini, Pembelajaran Agama IslamAbstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan dan pengembangan media edukasi interaktif sebagai alat pembelajaran untuk anak usia dini, terutama pada TK Islam Terpadu Al-Hikmah Palembang. Pembelajaran agama Islam bertujuan untuk mengenalkan anak sedari dini tentang nilai-nilai keagamaan umat Islam agar mereka berperilaku sesuai dengan ajaran Islam. Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat untuk kehidupan selanjutnya, sehingga penting untuk ditanamkan pembelajaran agama Islam pada anak sedari dini. Anak usia dini pada umumnya sangat aktif bermain dibanding belajar, sehingga anak terkadang merasa bosan dalam proses pembelajaran biasa. Dalam memberikan metode belajar pada anak usia dini, dibutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah tersedianya sebuah aplikasi yang dapat dijadikan variasi media pembelajaran agama Islam untuk anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan beberapa tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Setelah aplikasi selesai dibuat, dilakukan pengujian dengan menggunakan pengujian blackbox (fungsional), pengujian validasi ahli materi, dan media. Sehingga setelah diketahui hasil bahwa aplikasi dapat berfungsi dan telah valid baik secara media maupun materi, maka aplikasi dapat didistribusikan kepada TK Islam Terpadu Al-Hikmah Palembang sebagai media pembelajaran.