Pembuatan Visual Motion Graphic 2D Sebagai Media Pembelajaran Kewarganegaraan “Bela Negara” Di SMP Negeri 18 Palembang

Authors

  • Fachri Fawaz
  • Herlambang Saputra Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fithri Selva Jumeilah Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.14277096

Keywords:

Motion Graphic, Media Pembelajaran

Abstract

Pembuatan Visual Motion Graphic 2D Sebagai Media Pembelajaran Kewarganegaraan “Bela Negara” Di SMP Negeri 18 Palembang adalah untuk Mengukur seberapa efektif belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Motion Graphic pada siswa sekolah menengah pertama Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia Villamil-Molina. Metode ini merupakan metode yang memberikan gambaran tentang pengembangan multimedia melalui lima tahapan penelitian yaitu development, preproduction, production, postproduction, dan delivery, pengujian media menggunakan angket kuesioner untuk alpha ahli materi dan 2 ahli motion graphic kemudian untuk pengujian beta menggunakan uji pre-test dan post-test dengan terdapatnya dua kelompok yaitu kelas 97 dan kelas 98 dengan menggunakan tes subjective berupa soal esai yang berguna untuk mengetahui kemajuan belajar yang memerlukan jawaban yang bersifat uraian atau kata-kata panjang.Perhitungan angket Kuesioner Alpha menggunakan uji skala likert dan analisis data skor untuk pengujian responden beta, Pengembangan media pembelajaran berupa motion graphic ini sangat efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran dilihat dari bukti angket penilaian ahli materi yang mendapatkan indeks rata-rata 91,7% dari segi materi dan 94,4% dari segi media yang berkategori sangat baik lalu 2 ahli motion graphic mendapatkan indeks nilai rata- rata 92% dan 67% yang berkategori sangat baik dan baik serta hasil pre-test dan post-test dari masing masing kelompok hasil pretest dari kelas 97 adalah 33,2% dan 37,6% untuk kelas 98. kemudian untuk hasil pos-test dari kelas 97 adalah 82,14% dan kelas 98 mendapatkan nilai 95,2% perbandingan antara 2 tahap proses tersebut sangat berbeda sebelum dan sesudah diberi media hasil post-test setelah diberi media sangat baik dibandingkan tidak diberi media untuk itulah penggunaan saat menggunakan media sangat layak untuk menjadi bahan pembelajaran bagi anak-anak siswa kelas 9 SMP Negeri 18 Palembang.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Fawaz, F., Saputra, H., & Jumeilah, F. S. (2024). Pembuatan Visual Motion Graphic 2D Sebagai Media Pembelajaran Kewarganegaraan “Bela Negara” Di SMP Negeri 18 Palembang. JTIMD: Jurnal Teknologi Informatika Multimedia Digital, 1(3), 47–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.14277096

Issue

Section

Articles