Pembuatan Video Pembelajaran Animasi 3D Di SMA Bina Warga 1 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.5281/zenodo.14276542Keywords:
Video, Pembelajaran, Animasi 3D, GeografiAbstract
Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan sebuah objek dalam proses pembelajaran Geografi membuat minat belajar dan pemahaman siswa kelas X menurun terhadap mata pelajaran ini, khusunya pada materi Atmosfer Bumi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran baru berbasis video animasi 3D pada mata pelajaran Geografi BAB Atmosfer Bumi untuk siswa kelas X di SMA Bina Warga 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan metode Research & Development (R & D) dengan model Alessi & Trollip. Subjek penelitian meliputi 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 142 orang siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan pencatatan dokumen.dengan teknik analisis data kualitatif dan kauntitatif. Proses pengembangan video animasi pembelajaran 3D pada mata pelajaran Geografi dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (a) perencanaan, (b) desain, (c) pengembangan. Hasil review ahli materi menunjukkan hasil persentase sebesar 91,6% (sangat valid), ahli media 91.85% (sangat valid), dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 88.8% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animasi 3D pada mata pelajaran Geografi BAB Atmosfer Bumi dapat digunakan sebagai media pembelajaran baru di kelas X SMA Bina Warga 1 Palembang.