Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas pada Dapoer Ethak

Authors

  • Irma Cahyani Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Paisal Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Hendra Sastrawinata Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.14949624

Abstract

Dapoer Ethak merupakan salah satu usaha bidang kuliner yang menjual aneka pempek dan kue, berada di Kecamatan Kayu Agung, Sumatra Selatan. Tujuan penelitian ini untuk (1) menganalisis penerapan aspek produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan keuangan sebagai strategi pengembangan pada Dapoer Ethak (2) menganalisis cara penerapan metode Business Model Canvas pada usaha Dapoer Ethak. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi pada usaha Dapoer Ethak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dalam melaksanakan aktivitas usahanya, Dapoer Ethak telah menerapkan aspek produksi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia dengan baik dan memenuhi 9 elemen Business Model Canvas. Tetapi pelaksanaannya masih belum dilakukan secara maksimal dan memerlukan perbaikan pada semua aspek kewirausahaan dan elemen BMC untuk meningkatkan daya saing usahanya seperti bekerjasama dengan supplier bahan baku dan kemasan, perbaiki laporan keuangan, memperbaiki sistem pemasaran, aktif mengikuti event food & beverage, pelatihan karyawan, menambahkan menu minuman yang beragam, menyediakan tempat makan di toko, dan upgrade perangkat kasir.

Downloads

Published

2025-03-01