Analisis Strategi Penetapan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Semen PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk di Kota Palembang

Authors

  • Herliansyah Herliansyah
  • Nenny Octarinie Universitas Palembang
  • Abdullah Rasjid

DOI:

https://doi.org/10.5281/jtiemb.v1i6.4355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetapan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk semen PT.  Semen Baturaja (Persero) Tbk di Kota Palembang. Adapun responden yang menjadi sampel penelitian kali ini sekitar 100 orang responden yang merupakan konsumen yang melakukan pembelian semen baturaja di beberapa took bangunan di kota Palembang.  Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dalam melakukan analisis regresi sederhana, pengujian secara parsial serta pengujian koofesien determinasi.  Setelah dilakukan pengolahan data maka diperoleh hasil Y = 3,987 + 0,566X . Hal ini menunjukkan bahwa keputusan konsumen sebelum dipengaruhi oleh variabel harga adalah sebesar 3,987.  Kemudian nilai koofisien determinasi sebesar R2 = 0,398 menunjukkan bahwa 39,8%% sedangkan pengaruh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian kali ini adalah sebesar 60,2%.

Downloads

Published

2021-12-20