ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Authors

  • Ghina Riana Politeknik Negeri Sriwijaya
  • A. Jalaludin Sayuti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yusleli Herawati Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/jtiemb.v1i1.2253

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk memberikan gambaran mengenai strategi yang tepat dalam mengembangkan usaha mahasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya. Metode penelitian menggunakan analisis SWOT dengan merumuskan faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman yang mempengaruhi pengembangan usaha mahasiswa. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa posisi usaha mahasiswa berada pada Kuadran I, posisi tersebut menjelaskan bahwa kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya sehingga strategi yang digunakan yaitu strategi mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Salah satunya dengan menggunakan Strategi SO (Strengths-Opportunities) seperti memanfaatkan Program Kewirausahaan di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun program lainnya dari luar Program Pemerintah. Pengoptimalan dana dan modal yang dimiliki mahasiswa sebagai cara untuk melatih mahasiswa dalam mengelola usaha serta pemahaman mengenai pengelolaan atau manajemen modal terhadap usaha mahasiswa secara proporsional.

References

Bank Indonesia. (2008). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Kecil dan Menengah. Diunduh di https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu bi/Documents/UU20Tahun2008UKM.pdf tanggal 10 Juni 2019.

Rangkuti, Freddy. (2016). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Cetakan Keduapuluh Dua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development (Cetakan Ketiga). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-10-01