Kepuasan Pengunjung di Festival Palembang Matsuri 2023 : Peran Manajemen Tiket dalam Meningkatkan Pengalaman

Authors

  • Fitriyanti Rizky Ramadhani Politeknik Pariwisata Palembang
  • Wisanggeni Agus Priyanto Politeknik Pariwisata Palembang
  • Anwari Masatip Politeknik Pariwisata Palembang

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.14053485

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ticketing management yang diukur dengan menggunakan teori fungsi manajemen POAC (planning, organizing, actuating, controlling) terhadap kepuasan pengunjung di event festival Palembang matsuri 2023.  Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode pengambilan data berupa kuesioner yang diberikan kepada pengunjung festival Palembang matsuri 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang membeli tiket secara langsung di venue. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionated stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh ticketing management terhadap kepuasan pengunjung sebesar 41,1 %. (2) Pada variabel planning secara parsial tidak berpengaruh secara positif atau signifikan terhadap kepuasan pengunjung (3) Pada variabel organizing secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.  (4) Pada variabel actuating secara parsial tidak berpengaruh secara positif atau signifikan terhadap kepuasan pengunjung. (5) Pada variabel controlling secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung.

Downloads

Published

2024-11-08