PENGARUH EPS, ROE, DER TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN DPR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Ardika Yuantoro Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur
  • Sari Andayani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.5747293

Keywords:

Stock price, Consumer goods, Investment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio EPS, ROE dan DER terhadap harga saham dengan dividend payout ratio sebagai variabel moderasi pada perusahaan consumer goods periode 2015-2019. Saham merupakan investasi yang menarik karena memiliki resiko tinggi yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan IHSG dalam 5 tahun terakhir yang naik 37%, sedangkan dalam jangka pendek pergerakannya berfluktuasi karena sensitif terhadap isu-isu yang terjadi. Sektor consumer goods dipilih karena merupakan perusahaan yang bersifat defensif dan memiliki kinerja yang baik meskipun terjadi krisis seperti tahun 2008. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer goods di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data sekunder dan purposive sampling digunakan dalam pengambilan data dan teknik samplingnya dengan analisis linier berganda. Menggunakan SPSS 24. Hasil dari penelitian adalah EPS dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham, DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Harga Saham, DPR memoderasi EPS terhadap Harga Saham, DPR tidak memoderasi Return on Equity terhadap Harga Saham, dan DPR memoderasi Debt to Equity Ratio terhadap Harga Saham. 

Author Biographies

Ardika Yuantoro, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur

Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur

Sari Andayani, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur

Dosen Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" JawaTimur

References

Azis, Musdalifah, dkk. (2015). Manajemen Investasi: Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: Deepublish

Darmaji, Tjiptono, dan Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Selemba Empat.

Darsono dan Anshari. (2010). Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi

Fahmi, Irham. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harjito, D.A dan Martono. (2014). Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Yogyakarta: EKONOSIA. Kampus Fakultas Ekonomi Islam Indonesia.

Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Jama’an. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan (Studi Pada Perusahaan Publik Di BEJ).Tesis Strata-2.Program Studi Magister Sains Akuntansi.Universitas Diponegoro, Semarang.

Kabajeh, M. A. M., Al Nu’aimat, S. M. A., & Dahmash, F. N. (2012). The relationship between the ROA, ROE and ROI ratios with Jordanian insurance public companies market share prices. International Journal of Humanities and Social Science, 2(11), 115-120.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ponziani, R. M., & Azizah, R. (2017). Nilai Perusahaan pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bei. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19(1a-3), 200-211.

Pramesti, D., Wijayanti, A., & Nurlaela, S. (2016). Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Firm Size Terhadap Profitabilitas Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional IENACO, ISSN: 2337 – 4349.

Rosidah, S., Wahono, B., & ABS, M. K. (2018). Pengaruh Earning Per Share (Eps), Return On Equity (Roe) Dan Debt To Equity Ratio (Der) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Yuantoro, A., & Andayani, S. (2021). PENGARUH EPS, ROE, DER TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN DPR SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 5(2), 10–21. https://doi.org/10.5281/zenodo.5747293