Desain Microsoft Excel For Accounting Bagi Umkm (Studi Kasus Pada Ls Farm Mojokerto)

Authors

  • Sesilia Maria Novita STIE Perbanas Surabaya
  • Putri Wulanditya STIE Perbanas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.5281/zenodo.4275749

Keywords:

Microsoft Excel for Accounting, UMKM, Akuntansi berbasis sistem

Abstract

Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) membutuhkan pemrosesan catatan akuntansi berbasis sistem, sehingga informasi yang disajikan lebih akurat, cepat dan tepat. Sistem akuntansi sederhana yang dapa membantu EMKM salah satunya adalah Microsoft Excel. Obyek penelitian ini adalah LS Farm, usaha yang bergerak di bidang perdagangan produk yang diolah secara organik seperti buah, sayur, dan beras. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui sejauh mana pencatatan akuntansi yang dilakukan oleh LS Farm dan membuatkan rancangan aplikasi akuntansi berbasis Microsoft Excel for Accounting (EFA). Metode penelitian yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan pendesainan sistem. Teknik analisa data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pencatatan transaksi perusahaan dilakukan secara manual, mulai dari jurnal sampai dengan laporan laba rugi saja. (2) Desain EFA yang telah dibuatkan sesuai kebutuhan LS Farm dirasakan sangat membantu mereka dalam memproses transaksi dengan mudah dan menghasilkan laporan tidak hanya laba rugi saja tetapi juga laporan posisi keuangan.

Author Biographies

Sesilia Maria Novita, STIE Perbanas Surabaya

Accounting department

Putri Wulanditya, STIE Perbanas Surabaya

Accounting department

References

Ahmar, N., & Tjahjono, I. T. (2011). Excel for Accounting: Panduan Praktis Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan dengan Microsoft Excel. Surabaya: STIE Perbanas Press Surabaya.
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2016). Standar Akuntasi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.
Isnawan, G. (2012). Akuntansi Praktis untuk UMKM. Jakarta: Laskar Askara.
Kartikahadi, H., Sinaga, R. U., Syamsul, M., & Siregar, S. V. (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat.
Kementrian Komunikasi dan Informatika. 2018. 8 Juta UMKM Ditarget Bertransaksi Online Pada 2019. www.kominfo.go.id/ (diakses 20 Juli 2020).
Kieso, Weygandt, & Warfield. (2018). Intermediate Accounting IFRS Edition. Singapore: John Wiley & Sons Co.
Nita, R. A., & Ahmar, N. (2015). The Writing, Observing and Getting Approach dalam Menciptakan Keunggulan Kompetitif Praktik Akuntansi Berbasis Excel for Accounting. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan, 2(2): 182-183. Diunduh dari: http://eprints.perbanas.ac.id/3969/. Pontoh, W. (2013). Akuntansi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Moeka.
Rudiantoro, R. (2012). Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi Sak Etap. Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 9(1): 2. Diunduh dari: http://dx.doi.org/10.21002/jaki.2012.01.
Wulanditya, P., & Aprillianita, R. (2018). The Development of Accounting Information System Based on Excel in Helping CV. Ladi Collection Preparing Their Financial Statement. Jurnal Ilmu Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 15(1): 71. Diunduh dari: http://eprints.perbanas.ac.id/2342/.

Downloads

Published

2020-11-12

How to Cite

Novita, S. M., & Wulanditya, P. (2020). Desain Microsoft Excel For Accounting Bagi Umkm (Studi Kasus Pada Ls Farm Mojokerto). Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 4(2), 192–205. https://doi.org/10.5281/zenodo.4275749