PERUBAHAN GEOMETRIK PADA PENGELASAN PLAT ST 37 PADA PROSES LAS LISTRIK

Main Article Content

Mardiana Mardiana

Abstract

Mengelas merupakan salah satu cara menyambung logam atau plat ST 37 dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panas. Salah satu cara menyambung logam selain dengan menggunakan las gas adalah dengan cara menggunakan las listrik, inilah yang biasa disebut dengan las listrik. Dalam pengelasan dengan menggunakan las catat atau las kecil yang digunakan sebagai pekerjaan las permulaan untuk mengikat bagian-bagian yang akan dilas. Apabila dua plat tipis dengan kampuh T tanpa dibuat las catat maka kedua sisi kampuh yang masih bebas akan akan bergeser. Untuk itu dalam pengelasan diperlukan juga jenis- jenis elektroda sebagai bahan tambah. Memilih besarnya arus tergantung pada diameter elektroda, karena tiap-tiap elektroda memiliki Amper minimum dan maximum. Demikian juga dengan panjang pendeknya busur berpengaruh terhadap hasil pengelasan. Dalam persiapan-persiapan pengelasan diantarannya dilakukan juga pada pengerjaan sisi yang akan digerinda atau di pahat, sehingga untuk menggurangi geseran atau perubahan geometrik dan kedua sisi yang akan dilas harus diatur. Sehingga pada akhir pengelasan makin besar pula sudut dan celah yang terbentuk. Untuk mencegah hal-hal tersebut di atas maka seorang ahli konstruksi las harus mengetahui pengetahuan bagaimana cara mengatasi perubahan geometrik pada pengelasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiana, M. (2010). PERUBAHAN GEOMETRIK PADA PENGELASAN PLAT ST 37 PADA PROSES LAS LISTRIK. AUSTENIT, 2(01). Retrieved from https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/austenit/article/view/107
Section
Articles

References

B.H. Amstead, Sriati Djaprie (Trans). 1997. Teknologi Mekanik, Jakarta: PT. Erlangga.

Harsono Wiryosumantro dan Those Okumura. 1996. Teknologi Pengelasan Logam. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Sriwidarto. 1996. Petunjuk Kerja Las, Cetakan Ketiga, Jakarta. PT. Pradnya Paramita.

Suharto. 1991. Teknologi Pengelasan Logam: Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

W. Kenyon, Dimes Ginting, (Trans). 1995. Petunjuk Singkat Las Listrik. Jakarta: PT Erlangga

Most read articles by the same author(s)