PEMBELAJARAN IPA BERBENTUK LOMBA BAGI MURID SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN NAIONI KUPANG

-

Penulis

  • Gertreda Latumakulita Universitas Katolik Widya Mandira
  • Lodowik Landi Pote Universitas Katolik Widya Mandira
  • Christiani Dewi Qeken Mariano Bulin Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4992

Abstrak

Meski situasi kini terbilang kondusif, muncul masalah baru berupa penurunan daya tangkap dan pemahaman para murid akan pembelajarannya, seperti yang terjadi di SD GMIT Naioni dan SD Tiga Putera. Diketahui bahwa murid kelas tiga dan empat sulit memahami Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) disebabkan oleh keterbatasan interaksi, penjelasan tidak menyeluruh, serta kendala dalam membaca teks bacaan. Menggunakan pendekatan diskusi kelompok terpumpun yang bertujuan utama untuk melihat sikap, keyakinan, dan reaksi responden secara lebih holistik; kegiatan pengabdian ini dilaksanakan. Terlihat bahwa kegiatan ini berjalan baik ditandai oleh antusiasme para murid ketika berlomba. Beberapa murid yang mengalami kesulitan membaca terbantu dengan pembimbingan oleh guru dan tim pelaksana, bahkan dapat memaparkan hasil bacaan dengan baik di hadapan para juri. Tak hanya itu, tercipta iklim belajar yang kondusif dan penuh persaingan tatkala para murid melihat piala dengan ambisi yang membara. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik, terlihat dari antusiasme dan motivasi untuk berkompetisi para murid kelas tiga dan empat SD GMIT Naioni dan SD Tiga Putera dalam mengikuti lomba membaca naskah IPA serta pemahaman akan IPA yang mulai terbentuk, terlihat dari kecakapan para murid ketika menceritakan kembali cerita dalam naskah dengan cepat dan tepat.

Referensi

Fatimah, S., & Kartika, I., 2013., PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Al-Bidayah, Vol. J No. 2, Desember 2013.

Fitriani B, dan Ramli E S S., 2021., Analisis Situasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Dengan Metode Daring Selama Masa Wabah Covid-19, Edukatif, Jurnal Ilmu Pendidikan., Vol 3, No 1., 2021)., E-Issn: 2656-8063

A. S. Handayani et al., “Keywords : Materi Pembelajaran , Fisika , Listrik Dinamis , Livewires , Rangkaian Listrik,” vol. 3, pp. 1–5, 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Syarifuddin, Noviati, W., Lestari, I. D., Ramdhayani, E., Merdekawaty, A., & Surgianto, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah (BDR) Siswa MTS Al-Muddasiriyah pada Masa Pandemi Covid 19. Aptekmas, 14-19.

Udayanti, I. A., & Riastini, P. N. (2017). Penerapan Metode Take and Give Untuk Meningkatkan Hasi Belajar IPA Siswa Kelas IV A. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 51-58.

WHO. (2022). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. Diambil kembali dari World Health Organization: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-03