PENINGKATAN PENJUALAN KERIPIK SINGKONG MELALUI PENAMBAHAN VARIASI RASA DAN PENINGKATAN DESAIN KEMASAN
DOI:
https://doi.org/10.36257/apts.v5i3.4392Kata Kunci:
kemasan, variasi rasa, keripik singkongAbstrak
Toko Rizquna telah dirintis sejak tahun 2013. Produk yang dihasilkan saat ini adalah keripik singkong original dengan jumlah penjualan yang rendah yaitu 50 bungkus/bulan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu belum ada varian keripik singkong yang diproduksi, ketahanan daya simpan keripik singkong singkat, dan kemasan yang kurang menarik. Keripik singkong yang dipasarkan, saat ini hanya rasa original tanpa ada kreasi rasa. Kemasan keripik singkong belum memperhitungkan segi keamanan dan daya tahan produk. Kemasan produk juga masih menggunakan plastik bening biasa yang kurang menarik bagi konsumen. Solusi yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah (1)pelatihan meningkatkan varian rasa keripik singkong dengan rasa balado extra pedas, gula aren, dan sapi panggang; (2) pelatihan menggunakan kemasan aluminium kedap untuk meningkatkan daya tahan produk; dan (3) mendesain kemasan keripik singkong yang aman dan murah sehingga dapat menjamin keamanan produk ketika proses pengiriman. Toko Rizquna mendapatkan peningkatan penjualan 8-10% setiap bulannya (periode Sep-Okt 2021) dan pelanggan merasa puas dengan adanya variasi rasa juga ketahanan kerenyahan dari keripik singkong. Hasil PKM ini mampu meningkatan daya saing usaha dan adanya transfer teknologi kepada mitra.
Â
Referensi
Krisdiawan, R.A., dkk. (2022). Pemanfaatan TIK Sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM Desa Sembawa di Masa Pandemi COVID-19. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 160-164
Rahayu, R. M. (2017). Membangun Brand Awareness Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies), 11(2), 226–243.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.
Yuliati, L., dkk. (2022). Pengembangan Inovasi Pengemasan dan Pemasaran Royal Catering pada Masa Pandemi COVID-19. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 165-170
Njoto, T. K. (2016). Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 455-463
Peran Penting Kemasan dalam Bisnis Keripik Buah. (n.d.). Retrieved from https://ud-adhika.com/dnews/60009/peran-penting-kemasan-dalam-bisnis-keripik-buah.html
Nadjmuddin, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Kemasan dan Iklan Kuliner Khas Daerah Produk Pedagang Kecil di Kecamatan Ilir Barat I Palembang. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 153-161
SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 25-32.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.
Anggraini, I., Harahap, E. F., & Muslim, I. (2021). ANALISA FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI MINAT BELI DI TOKO ONLINE. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University.
Peran Penting Kemasan dalam Bisnis Keripik Buah. (n.d.). Retrieved from https://ud-adhika.com/dnews/60009/peran-penting-kemasan-dalam-bisnis-keripik-buah.html
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Aptekmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.