PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPOR GAS RINNAI PADA KONSUMEN KELURAHAN CEREME TABA KOTA LUBUK LINGGAU

Ronal Aprianto

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh brand image dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuklinggau. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner  dan observasi serta dokumentasi langsung dengan pihak terkait. Dimana Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling, dengan metode Purposive Sampling. Analisis ini menggunakan dasar perhitungan regresi linier berganda, dengan menggunakan program SPSS.17.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoeh persamaan Y= 17,072 + 0,301 X1 + 0,426 X2, nilai konstanta (a) sebesar 17,072 ini berarti bahwa apabila variabel brand image dan word of mouth communication tidak ada atau nilainya nol,maka nilai dari keputusan pembelian 17,072, sedangkan nilai koefesien regresi (b1) variabel brand image, sebesar 0,301, hal ini menunjukkan apabila nilai brand image meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,301. Sedangkan nilai koefesien regresi (b2) variabel word of mouth communication sebesar 0,426, hal ini menunjukkan apabila nilai word of mouth communication meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,426. Dari hasil perhitungan koefesien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R2 sebesar 0,529. Hal ini menunjukkan bahwa varian keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh varian brand image dan word of mouth communication sebesar sebesar 0,529 atau sebesar 52,9% dan setelah disesuaikan nilai sisanya 0,471 atau sebesar 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai fhitung = 36.571 ³ ftabel = 3,13diperoleh dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, dan df 2 (n-1) = 68-1 =67 (n adalah jumlah data), seghingga didapat nilai ftabel sebesar 3,13 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara Brand Image (X1) dan Word of Mouth Communication (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota lubuklinggau.


Keywords


brand image, word of mouth communication, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma. (Ed) 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan 1. Bandung: Satu Nusa

Deny Danar Rahayu. 2014. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Community Komunitas Sepak Bola di Pekanbaru. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Pekanbaru. Jurnal Ekonomi (2014), Volume (22), Nomor (1).

Duwi Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Dwiki Rachamawati, Maria Magdalena, Patricia Dhiana. Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pandanaran Semarang.

Dyah Ayu Anisha. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT.Pertamina (Persero) Enduro 4T Makassar. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makasar.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa : Bob Sabran, MM. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi I Cetakan ke 3. Jakarta : Kencana Pernada Media Group

Schiffman, Leon & Lazar Leslie Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. edisi 7. jakarta: Indeks.

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Cetakan ke 15. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sumardy, Marlin, Melina. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

http://www.doubleheadsnake.blogspot.co.id/2012/07nonprobability -sampling-menurut. html?m=1. Diakses 21 November 2015.

http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_23.html?m=1. Diakses 21 November 2015.


Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 444 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Orasi Bisnis:

Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga issn: 2085-1375 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

 

 

 

Jurnai Terindexx di:

 

Google Scholar