PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOMPOR GAS RINNAI PADA KONSUMEN KELURAHAN CEREME TABA KOTA LUBUK LINGGAU
Keywords:
brand image, word of mouth communication, keputusan pembelian.Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh brand image dan word of mouth communication terhadap keputusan pembelian kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuklinggau. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan observasi serta dokumentasi langsung dengan pihak terkait. Dimana Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling, dengan metode Purposive Sampling. Analisis ini menggunakan dasar perhitungan regresi linier berganda, dengan menggunakan program SPSS.17.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoeh persamaan Y= 17,072 + 0,301 X1 + 0,426 X2, nilai konstanta (a) sebesar 17,072 ini berarti bahwa apabila variabel brand image dan word of mouth communication tidak ada atau nilainya nol,maka nilai dari keputusan pembelian 17,072, sedangkan nilai koefesien regresi (b1) variabel brand image, sebesar 0,301, hal ini menunjukkan apabila nilai brand image meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,301. Sedangkan nilai koefesien regresi (b2) variabel word of mouth communication sebesar 0,426, hal ini menunjukkan apabila nilai word of mouth communication meningkat sebesar satu satuan, maka nilai keputusan pembelian akan mengalami peningkatan sebesar 0,426. Dari hasil perhitungan koefesien determinasi dapat diketahui bahwa nilai R2 sebesar 0,529. Hal ini menunjukkan bahwa varian keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh varian brand image dan word of mouth communication sebesar sebesar 0,529 atau sebesar 52,9% dan setelah disesuaikan nilai sisanya 0,471 atau sebesar 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai fhitung = 36.571 ³ ftabel = 3,13diperoleh dengan menggunakan tingkat keyakinan 95%, α = 5%, dan df 2 (n-1) = 68-1 =67 (n adalah jumlah data), seghingga didapat nilai ftabel sebesar 3,13 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara Brand Image (X1) dan Word of Mouth Communication (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) kompor gas Rinnai pada konsumen Kelurahan Cereme Taba Kota lubuklinggau.
References
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan 1. Bandung: Satu Nusa
Deny Danar Rahayu. 2014. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Community Komunitas Sepak Bola di Pekanbaru. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Pekanbaru. Jurnal Ekonomi (2014), Volume (22), Nomor (1).
Duwi Priyatno. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Dwiki Rachamawati, Maria Magdalena, Patricia Dhiana. Pengaruh Word of Mouth, Tingkat Pendapatan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Pandanaran Semarang.
Dyah Ayu Anisha. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas PT.Pertamina (Persero) Enduro 4T Makassar. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Makasar.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa : Bob Sabran, MM. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nugroho J. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi I Cetakan ke 3. Jakarta : Kencana Pernada Media Group
Schiffman, Leon & Lazar Leslie Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. edisi 7. jakarta: Indeks.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Cetakan ke 15. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sumardy, Marlin, Melina. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
http://www.doubleheadsnake.blogspot.co.id/2012/07nonprobability -sampling-menurut. html?m=1. Diakses 21 November 2015.
http://www.pendidikanekonomi.com/2013/02/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_23.html?m=1. Diakses 21 November 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).