ANALISIS KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS KOPERASI SIMPAN PINJAM “RIAS” P1 MARDIHARJO) KABUPATEN MUSI RAWAS

Herman Paleni

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan keuangan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.UKM/V/2006 tentang pedoman penilaian koperasi berprestasi/koperasi award pada Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas. Tipe penelitian yang dilakukan dengan Deskriptif kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode time series yang berasal dari laporan keuangan berupa neraca dan laba rugi antara tahun 2010 sampai 2014. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu menganalisis laporan keuangan dengan pendekatan rasio keuangan berupa likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas, kemudian disesuaikan dengan kriteria penilaian kesehatan keuangan koperasi berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.UKM/V/2006 tentang pedoman penilaian koperasi berprestasi/koperasi award. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 06/Per/M.UKM/V/2006 tentang pedoman penilaian koperasi berprestasi/koperasi award, untuk kesehatan keuangan koperasi menggunakan rasio likuiditas pada Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas selama lima tahun dari tahun 2010-2014 dilihat dari current ratio termasuk kategori  sehat. Dengan demikian secara likuiditas Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas termasuk kategori koperasi berprestasi. Sedangkan berdasarkan rasio solvabilitas dilihat dari debt to total asset ratio pada tahun 2010 sampai tahun 2014  termasuk kategori tidak sehat. Sedangkan dilihat dari debt to equity ratio pada tahun 2010 sampai tahun 2014  termasuk kategori sangat tidak sehat. Dengan demikian secara solvabilitas kesehatan keuangan Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas termasuk kategori koperasi tidak berprestasi. Sedangkan berdasarkan rasio aktivitas menggunakan receivable turn over pada tahun 2010 sampai tahun 2014 termasuk kategori sehat, sehingga kesehatan keuangan secara aktivitas Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas termasuk kategori koperasi berprestasi. Untuk rasio profitabilitas dengan return on investment  dan return on equity pada tahun 2010 sampai 2014 termasuk kategori  kurang sehat, namun demikian untuk net profit margin dari tahun 2010 sampai 2014 termasuk kategori sehat. Dengan demikian kesehatan keuangan secara profitabilitas Koperasi Simpan Pinjam “RIAS” P1 Mardiharjo Kabupaten Musi Rawas termasuk kategori koperasi tidak berprestasi.


Keywords


analisis rasio, kinerja keuangan dan koperasi

Full Text:

PDF

References


Afandi, Pandi. Analisis Kinerja Keuangan untuk Mengukur Kesehatan Keuangan Koperasi KSU BMT Arafah Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang, 2014. Jurnal Among Makarti, Vol 7 (13).

Aprilia dan Amanah, Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Koperasi Dhaya Harta Jombang, 2014. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol 3 (4).

Fahmi, Irham, 2012. Analisis Kinerja Keuangan, Bandung: CV. ALFABETA

Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hardiningsih, Lilik, Dkk. Analisis Laporan Keuangan dalam Menilai Kinerja Keuangan pada Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD) Kartika Benteng Sejahtera di Balikpapan, 2013. Publikasi Ilmiah, Vol. 1(1)

Kamaludin dan Rini, 2012. Manajemen Keuangan (Konsep Dasar dan Penerapannya), Bandung: CV. Mandar Maju

Kasmir, 2012. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kosasih, Dewi. Analisis Rasio Keuangan pada Koperasi Karyawan Aneka Pangan Nusantara (KOPKANUS) PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Purwakarta, 2013. Jurnal Manajemen, Vol. 10 (3).

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No.06/PER/M.KUKM/V/2006 Tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi/Koperasi Award.

Prihatini, Dewi. Pemeringkatan Koperasi Dalam Konteks Pemberdayaan Koperasi, 2014. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 5 (1

Rusrusa, Budi dan Darmawan. Analisis Kinerja Keuangan pada Koperasi Serba Usaha di Kabupaten Buleleng, 2013. Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol.1 (2)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.


Article Metrics

Abstract view : 902 times
PDF - 1134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Orasi Bisnis:

Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga issn: 2085-1375 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License.

 

 

 

Jurnai Terindexx di:

 

Google Scholar