PENGARUH EFISIENSI DAN KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP BELANJA MODAL DI BANGKA BELITUNG

Authors

  • Royda Royda Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang

Keywords:

Efisiensi Keuangan Daerah, Kemandirian Keuangan Daerah, Belanja Modal

Abstract

Penelitian ini berjudul Efisiensi Dan Kemandirian Keuangan Daerah Terhadap Belanja Modal Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan keuangan daerah yang terlihat dari efisiensi dan kemandirian keuangan daerah terhadap belanja modal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Variabel independen terdiri dari variabel efisiensi keuangan daerah dan variabel kemandirian keuangan daerah serta variabel belanja modal sebagai variabel dependen. Periode analisis terdiri dari sepuluh tahun yang dimulai dari tahun 2004 sampai dengan 2013 serta menggunakan data keuangan daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Model analisis penelitian menggunakan regresi berganda dengan model estimasi ordinary least square. Kemudian melakukan evaluasi model dengan ekonometrika dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel efisiensi keuangan daerah dan variabel kemandirian keuangan daerah berpengaruh signifikan terhadap belanja modal dengan nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa sebesar 83,74 persen. Sedangkan secara parsial, masing-masing variabel mempunyai arah yang sesuai dengan teori.

Author Biography

Royda Royda, Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang

Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang

References

Adi, Priyo Hari. 2012. Kemampuan keuangan Daerah Dalam Era Otonomi dan Relevansinya Dengan Pertumbuhan Ekonomi (Studi Pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). KRITIS, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin Vol. XXI, No.1, 2012, Hal. 1-19.
Bastian, Indra. 2006. Sistem Akuntansi Sektor Publik, Edisi 2, Salemba Empat, Jakarta.
Halim, Abdul. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah, edisi Revisi, Salemba Empat, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajat. 1997. Ekonomi Pembangunan. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.
Kuncoro, Mudrajat. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Mangkoesoebroto, Guritno. 1997. Ekonomi Publik. BPFE UGM. Yogyakarta.
Reksohadiprodjo, Sukanto. 2001. Ekonomika Publik. BPFE-UGM. Yogyakarta.
Sasana, Hadi. 2011. Analisis Determinan Belanja Daerah di Kabupaten/Kota Prov.Jawa Barat Dalam Era Otonomi dan Desentralisasi Fiskal. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Maret (2011), Hal.46-58.
Suparmoko. 2002. Ekonomi Publik. Percetakan Andi Offset. Yogyakarta.
Susetyo, Didik. 2010. Desentralisasi Fiskal, Kesenjangan Fiskal, dan Disparitas Regional. Pidato Pengukuhan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan pada FE UNSRI, Palembang 25 Mei (2010).
Todaro MP, Stephen CS. 2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid 1. Edisi 9. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wibowo, Puji. 2008. Mencermati Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Keuangan Publik, Vol.5, No.1, Oktober 2008 Hal.55-83.
Widarjono, Agus. 2013. Ekonometrika. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Realisasi APBD Tahun 2004-2012dalam: www.djpk.depkeu.go.id.

Downloads

Published

2016-05-30