PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman AkuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sampel penelitian ini yang berjumlah 124 responden dari 303 populasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dijawab oleh subyek dan selanjutnya dianalisis statistik dengan menggunakan komputer program “Statistical Packages for Social Science†(SPSS) for Windows Release 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 0,424 diterima pada taraf sig. 5%. (2) ada pengaruh signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji t yang diperoleh thitung X2 = 0,008 ditolak pada taraf sig. 5%. (3) tidak ada pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji t yang diperoleh thitung X3 = 0,419 diterima pada taraf sig. 5%. (4) ada pengaruh antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dengan hasil uji f yang diperoleh sig. 0,033 ditolak pada taraf sig. 5%, hasil analisis regresi juga memperoleh nilai koefidien korelasi (R=0,265) atau sebesar (26,5%) dan nilai koefisien determinasi (R²=0,047) atau sebesar (4,7%). Ini berarti (4,7%) tingkat pemahamana akuntansi dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan perilaku belajar, dan sisa nya dijelaskan oleh variabe lain.
References
Arif Kennedy. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Raja Ali Haji Angkatan 2010
Goleman Daniel, dkk. 2004. Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi.
Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Mohamad Djasuli, QIA, Nur hidayah. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual terhadap Kinerja dengan Variabel Moderasi Kompetensi di Kabupaten Lamongan. Studi Kasus di SKPD Kabupaten Lamongan
Peter Garlans Siana, Andris Noya. 2012. Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Manajemen, Vol.11, No.2, Mei 2012
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan ke 20. Bandung: Alfabeta, cv
Prasetyo Bambang, Jannah Miftahul Lina. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Ed. 1-6. Jakarta : Rajawali
Riwsan Yudhi Fahrianta, dkk. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Juni 2012, Vol. 4 No.2
Satiadarma Monty P. Waruwu Fidelis E.. 2003. Mendidik kecerdasan, Pedoman bagi orang dan guru dalam mendidik anak cerdas. Ed.1. Jakarta: Pustaka
V. Wiratna Sujarweni. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Cetakan Pertama. Jogjakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).