STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS PT. PELNI CABANG SURABAYA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI EVENT TOUR LET’S GO TO
Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, EventAbstract
Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. PELNI Cabang Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event  â€Tour Let’s Go Toâ€. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari PT. PELNI Cabang Surabaya). Peneliti menemukan bahwa PT. PELNI Cabang Surabaya telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya melakukan riset secara terstruktur dalam mengukur hasil promosi. Selain itu, evaluasi event juga dilakukan secara formal setelah pelaksanaan program wisata bahari. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event â€Tour Let’s Go To†yang akan dilaksanakan di tujuan wisata berikutnya.
References
Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education
Kennedy, Jhon E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing communications: Taktik dan
strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2006). Marketing Management, 12th Edition. Pearson
International Edition, New Jersey: Prentice Hall Liliweri, Alo. (2011).
Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Rev.ed.). Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Simandjutak, John. P. (2003). Public Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soemanegara, RD. (2008). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sulaksana, Uyung. (2003). Integrated Marketing Communications: Teks dan Kasus.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Tuckwell, J. Keith. (2008). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning
Perspectives. Toronto: Pearson Prentice Hall.
Yin, Robert K. (2003). Studi Kasus Desain dan metode. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).