STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS PT. PELNI CABANG SURABAYA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI EVENT TOUR LET’S GO TO

Authors

  • Achmad Sholihin STIE YAPAN Surabaya, Program Studi Manajemen

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Event

Abstract

Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. PELNI Cabang Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event  ”Tour Let’s Go To”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari PT. PELNI Cabang Surabaya). Peneliti menemukan bahwa PT. PELNI Cabang Surabaya telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya melakukan riset secara terstruktur dalam mengukur hasil promosi. Selain itu, evaluasi event juga dilakukan secara formal setelah pelaksanaan program wisata bahari. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event ”Tour Let’s Go To” yang akan dilaksanakan di tujuan wisata berikutnya.

Author Biography

Achmad Sholihin, STIE YAPAN Surabaya, Program Studi Manajemen

STIE YAPAN Surabaya, Program Studi Manajemen

References

Chaffey D., & Mayer R., & Johnston K., & Chadwick F.E., (2000). Internet Marketing:
Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education
Kennedy, Jhon E. & Soemanagara, R.D. (2006). Marketing communications: Taktik dan
strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2006). Marketing Management, 12th Edition. Pearson
International Edition, New Jersey: Prentice Hall Liliweri, Alo. (2011).
Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (Rev.ed.). Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Simandjutak, John. P. (2003). Public Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soemanegara, RD. (2008). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
CV. Alfabeta.
Sulaksana, Uyung. (2003). Integrated Marketing Communications: Teks dan Kasus.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Tuckwell, J. Keith. (2008). Integrated Marketing Communications: Strategic Planning
Perspectives. Toronto: Pearson Prentice Hall.
Yin, Robert K. (2003). Studi Kasus Desain dan metode. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Published

2016-10-03