PENGARUH PEMBIMBING AKADEMIK MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DALAM MEMOTIVASI MAHASISWA JURUSAN NON REKAYASA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA
Keywords:
Academic Consultant, Interpersonal Communication, MotivationAbstract
The aim of this research is to know the influence of academic consultant through interpersonal communication and teaching learning facilities to student motivation of non engeneering department. The method used in this research was survey method.The population in this research is 1719 students and the number of samples were 95 students. The technique of data collection was using distribution questionnaires. To measure the influence among the variables used tools of quantitative analysis using spss version 12.0. The result showed that independence variables are interpersonal communication and teaching learning facilities simultaneously affected toward students learning motivation are 43.40 %. And the two independence and dependence variables the influence partial toward students learning motivation. Factor dominant in the influence toward student learning motivation is teaching learning facilities.
References
Hermawati. 2003. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Kepribadian dan Kemampuan Dosen dalam mengajar dengan motivasi Belajar Mahasiswa Akademik Kebidanan kutai Husada Tenggarong. http://digilib.uns.ac.id, diakses Maret 2011
Hidayat, Nur. 2009. Implementasi Pembimbing Akademik ( PA), Permasalahan dan Solusinya. http://nurhidayat. picture.ub.ac.id, diakses Maret 2011
Manzilatasifa, Uus. 2009. Educare:Jurnal Pendidikan dan Budaya,http://educare-fkipunka.net, diakses Maret 2009
Purnomo, P. 2003.Strategi Pengajaran.http://pepak.sabda.org,diakses Mei 2010
Ketentuan Politeknik Negeri Sriwijaya. 2009. Tugas-tugas Pembimbing Akademik Politeknik Negeri Sriwijaya. Politeknik Negeri Sriwijaya
Robbins, Stephen, P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta:PT Indeks Kelompok Gramedia
Umam, Khaerul. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: CV Pustaka Setia
Widoyoko, Eko, Putra, S. 2011. Model Evaluasi Program Pembelajaran IPS di SMA. http:// www. umpwe.ae.id, diakses Maret 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).