PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH STMIK IBBI MEDAN
Keywords:
Marketing Mix, Decision of Enrolling.Abstract
Â
The purpose of these research is to test dan to prove the influence of marketing mix (product (study program), price (tuition fee), promotion, place, people, process, and service) toward students decision for choosing the School of Computers IBBI Medan. The type of these research is assosiative descriptive with clausal connected. Data were colleted based on proportionate stratified random sampling of 308 respondents from two study programs, namely S1 Information System (204 students) and S1 Informatica Tehnics (104). The research instruments used was a likert scale in which the validity and realibility were using the SPSS version 17. Result if these statistical analysis showed that the F calculated was orang bigger than F-Tabel which was 2.040, showing that the Product(study program), Price(tuition fee), promotion, place, process, and service had a significant influence on students decision for enrolling the School of Computers IBBI Medan. Based on these research we take a conclusion that was an Marketing Mix such as product, promotion, price, place, process, service that have a significant student decide to enroll at the school of Computers (STMIK) IBBI as a accepting place for their study.And people had not significant influence on students decision for enrolling the School of Computers IBBI Medan.
References
Assauri, Sofyan. 2004, Manajemen Pemasaran, Rajawali Press, Jakarta.
Cravens, David W. 2000, Pemasaran Strategis, Edisi Keempat, Alih Bahasa : Lina Salim, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Diterjemahkan oleh Bob Sabran . Jilid I. Edisi ke-12. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lamb, Hair, MC. Daniel. 2001, Pemasaran. Diterjemahkan oleh David Oktrakevia. Salemba Empat. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001, Manajemen Pemasran Jasa :Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Alfabeta, Bandung.
Yazid. 2001. Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi. Edisi Kedua. Penerbit : Ekonsia-Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).