PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TEKNIK DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA (Studi Penelitian pada Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia)
Keywords:
Motivation, Dicipline, Learning Method, Validity and RealibilityAbstract
The low achievement of students and the lack of motivation, methods of learning and discipline in the students' learning of mathematics is a challenge for mathematics lecturers to continue to think creatively in order to teach the material to students in accordance with the standards of the curriculum and the learning process takes place by directly involving students in full in terms of the learning process that takes place can be run with fun. The low achievement of students was indirectly caused by the lack of students' motivation and discipline itself. Learning methods implemented by the faculty also affects the achievement of students majoring in chemical engineering. The learning method is a technique applied by teachers in the learning process, because the learning process is a process of knowledge transfer from faculty as a lecturer to the students as learners and for that there must be a special technique to be effective and well targeted. If the teaching methods employed by teachers precisely, the maximum learning outcomes clear and satisfactory.
References
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran, Semarang, IKIP Semarang Press
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Haryono, Siswoyo. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis Teori dan Aplikasi. Palembang: Badan Penerbit MM UTP.
Hanan, Syahrowi. 1997. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa dengan Prestasi Belajar: Sebuah Survei di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta, Tesis. Jakarta: PPS IKIP.
Krismanto. A. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika, Yogyakarta.
Ruseffendi, E.T. 2006. Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung: Tarsito.
Sardiman A. M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulbahri Madjir, Kamsrin Sa’i, Baidowi Abdhie. 2011. Panduan Pengolahan Data dengan Program SPSS, Penerbit Unsri
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).