SOSIALISASI METODE CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU MTS JAM’IYAH MAHMUDIYAH

Authors

  • Zaifatur Ridha Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah
  • Khairiani Khairiani Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah
  • Fauzan Azmi Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah
  • Tien Salmiah Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode card sort dalam meningkatan kinerja guru serta kemampuan guru dalam mengajar demi melaksanakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan di MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru PAI di MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode card sort. Hal ini dapat dilihat dari suasana pembelajaran dikelas IX-A menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan metode Card Sort. Tahap kedua adalah pelaksanaan Siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu 62 menjadi 70 dengan presentase perubahan nilai sebesar 8,06%. Sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 82 dengan presentase perubahan nilai sebesar 29,05% dan ketuntasan belajar mencapai 95%. Berdasarkan hal tersebut, pelatihan ini dirasa

Downloads

Published

2020-06-28

Issue

Section

Articles