PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR KOMPUTER GURU-GURU SDN 130 PALEMBANG DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL

Authors

  • Irma Salamah
  • Lindawati Lindawati
  • Asriyadi Asriyadi
  • M Fadli

Abstract

Salah satu konsep dalam Teknologi Pendidikan adalah pemanfaatan dan pemberdayaan sumber belajar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas siswa. Komputer sebagai sumber belajar dapat memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kualitas pendidikan. Microsoft Excel 2013, merupakan media penyampaian informasi yang digunakan oleh banyak orang. Dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 penyampaian informasi akan didapatkan dengan mudah. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk melaksanakan pendidikan dan informasi berbasis teknologi bagi para guru agar dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya guru di SDN 130 Palembang. Pelatihan ini diharapkan dapat memudahkan para guru SDN 130 Palembang dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga memudahkan guru dalam memasukkan data nilai siswa, perankingan hasil belajar siswa, absensi dan lain-lain.

References

[1] M. Kiftiah and S. Khairi, “Peningkatan Keterampilan Dasar Komputer Guru-Guru Senior SD Negeri 07 DAN SD NegerI 27 Pontianak Utara,” in Prosiding SNaP PSains dan Teknologi, 2017, pp. 32–38.
[2] Trimo, “Peningkatan Aktivitas Guru Dan Kemampuan Mengolah Nilai Melalui Pelatihan Berbantuan Microsoft Excel Pada Guru-Guru SDN 1 Magelung,” J. Prog., vol. 1, no. 1, 2013.
[3] W. S. Sri Andayani, Kuswari Hernawati, “Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Pelatihan Komputer Berbasis,” J. Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–12, 2017.
[4] A. Fahriannur and M. Siswanto, “Pelatihan Ms . Excel , Ms . PowerPoint , dan Webblog Sebagai Inovasi Pembelajaran Menarik,” Pros. Semin. Has. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Dana BOPTN, pp. 263–267, 2016.
[5] Madiyono, “Peningkatan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Melalui Pelatihan,” J. Manajer Pendidik., vol. 10, no. 4, 2016.
Handayani, Ade, et al. "PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI." SNAPTEKMAS 1.1 (2020).

Downloads

Published

2020-02-03

Issue

Section

Articles