Penerapan Media Pembelajaran Cerita Alkitab untuk Anak Sekolah Minggu Berbasis Video Motion Graphic
Keywords:
Media Pembelajaran, Motion Graphic, Sekolah Minggu, Villamil Molina, Efisiensi WaktuAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian penerapan media pembelajaran cerita alkitab berbasis video motion graphic untuk anak sekolah minggu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah inovasi media pembelajaran cerita alkitab berupa video motion graphic untuk anak sekolah minggu yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Media ini menggunakan metode pengembangan multimedia Villamil Molina yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Development, Preproduction, Production, Postproduction, Delivery. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil validasi media pembelajaran adalah: (1) Ahli materi menilai sangat setuju dengan skor sebesar (26). (2) Ahli media menilai sangat setuju dengan presentase sebesar (118). Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang telah dibuat dan diterapkan dapat menyampaikan isi materi secara jelas, mudah dipahami dan menarik baik secara visual maupun audio serta dapat meningkatkan efisiensi waktu pembelajaran secara langsung.